Kalahkan Rasa Takut lewat Putri Kartini

Photo: Dokumen Pribadi
Dara Fadhila, mahasiswa FKM Undip kelahiran Padang ini berhasil menyabet juara 1 ajang Putri Kartini. Putri Kartini merupakan suatu ajang tahunan yang digelar oleh Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Ajang ini diperuntukkan khusus kepada wanita yang mempunyai wawasan baik dibidang tentang Kartini sendiri, pengetahuan tentang Indonesia, sosial, budaya, maupun politik. Berawal dari keisengan, Dara mengaku ia tak pernah menyangka akan menjadi juara 1 dalam ajang tahunan tersebut.
“Awalnya saya gak mau ikut, karena saya orangnya gak percaya diri. Terus saya mikir ini ada peluang nih, kenapa gak coba dimanfaatkan.” tuturnya pada PH, saat diwawancarai Kamis (12/5).
Rasa ketidakpercayaan dirinya yang membuat ia memutuskan untuk mengikuti ajang Putri Kartini tersebut. Perisiapan untuk memasuki ajang Putri Kartini ia lakukan dengan membaca buku tentang Kartini, belajar catwalk, modeling, dan beauty class. Sebelum wawancara dan final 20 besar berlangsung, ia pun sudah memersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dan antisipasi jawaban apa yang akan ia lontarkan. Ia mengaku banyak belajar dari ajang Putri Indonesia.
“Sebenernya takut juga, soalnya pas final itu kan ada oral tes, bener-bener takut. Tapi ya, intinya saya mengalahkan rasa takut saya,” ungkapnya.
Baginya, ajang ini bukan hanya sekedar ajang untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya saja, justru ajang inilah yang menjadikan pemikirannya lebih terbuka, bahwa banyak peluang untuk berkarya.
“Jika peluang itu ada, kenapa gak kita manfaatin? Masa cuma karena rasa takut, kita gak mau melangkah maju.” tambahnya.
Kekhawatiran akan tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya membuat ia sempat berpikir untuk mundur. Namun, dukungan dari orang-orang terdekatlah yang menjadikan Dara mampu mengalahkan rasa takutnya. Amunisi dari keluarga jugalah yang membuat ia membuang jauh-jauh rasa tidak percaya dirinya, sampai akhirnya ia berhasil lolos ke tahap 5 besar. Motivasi yang kuat dalam diri untuk mengalahkan rasa takutnya justru yang membuat ia maju sebagai juara 1. Menurutnya, menang bukan hanya soal persiapan materil saja, namun juga soal persiapan mental.
“Percaya diri, tampilkan apa yang kita punya. Jangan takut. Karena, ketika kamu sudah berhasil mengalahkan rasa takutmu, di situlah kamu sudah menang.” tutupnya. (Heni Purnamasari)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.