Header Ads

ad

“Speak Like A Pro!”


Photo : PH
SEMARANG (25/10). Tuntutan jaman dan persaingan yang semakin ketat membuat seseorang harus memiliki kemampuan yang lebih, salah satunya dalam hal komunikasi. Dengan latar belakang tersebut, LPM Publica Health mengadakan acara Public Speaking. Acara yang bertemakan “Speak Like A Pro” ini berhasil menarik minat mahasiwa dan mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat, khususnya bagi mahasiswa baru
. Falentine Lidya, selaku ketua panitia dalam sambutannya menyatakan bahwa acara Public Speaking ini bertujuan agar kita dapat mengetahui teknik berkomunikasi yang baik dan benar, sehingga akan meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.
Bertempat di gedung B 201-2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, panitia menghadirkan dua orang pembicara handal. Pembicara utama adalah Tatas Transinata, S.Pd M.Pd, beliau merupakan dosen Universitas Semarang. Dalam kesempatan yang diberikan beliau menyampaikan materi tentang teknik presentasi. Beliau menuturkan bahwa presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi. “Dalam melakukan presentasi, baiknya kita hanya menampilkan point-pointnya saja, sehingga presentasi akan lebih bersifat komunikatif,” papar Tatas saat menyampaikan materi kepada peserta Public Speaking (25/10).
Pembicara kedua merupakan alumni FKM UNDIP yang berprofesi sebagai penyiar di radio 102 FM Prambors Semarang, Putri Anindita. Pada materi kedua dijelaskan mengenai teknik dasar radio dan broadcasting. Para peserta diajak untuk lebih mengenal seni komunikasi khususnya dalam dunia penyiaran, pengolahan suara dengan senam mulut, serta diberi kesempatan untuk mencoba berbicara selayaknya seorang penyiar radio.
Diakhir acara diumumkan hasil seleksi lima peserta terbaik. Para peserta tersebut kemudian diminta melakukan presentasi sesuai tema yang telah ditentukan untuk dinilai dan diseleksi kembali oleh juri. Menariknya, dua peserta terbaik yang terpilih atas nama Luluk Shafura (FKM 2013) dan Izzatul Alifah Sifai (FKM 2014) selain mendapatkan penghargaan juga berkesempatan untuk magang di Radio Pro Alma Semarang. (Fathin&Ulyn)

No comments