Header Ads

ad

“Genggam Dunia dengan Kalimatmu”


Photo : PH
SEMARANG (11/10).Lembaga Pers Mahasiswa Economic Students (LPM Edents) FEB Undip menggelar Seminar Broadcasting, Sabtu (11/10). Mengangkat tema “Hold The World with Your Words”, acara ini bertempat di Hall Pertamina Gedung Dekanat FEB Undip. Seminar yang diikuti 250 peserta ini menghadirkan Prabu Revolusi (Lead Anchor Rajawali TV) dan Putri Ayuningtyas (News Anchor Metro TV) sebagai pembicara
Mia Rusliyanti Saputri, ketua panitia, dalam sambutannya menuturkan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas diri peserta dalam hal live report dan news anchor, serta public speaking. “Saya selaku perwakilan panitia berharap setelah acara ini kita dapat memetik ilmu dari pemateri yang hadir serta mampu berkomunikasi dengan lebih baik,” ujarnya.
Dengan dipandu oleh Hendy Aprilian Hidayat, Pemimpin Umum Edents periode 2012/2013, acara dimulai dengan materi pertama. Putri Ayuningtyas sebagai pembicara pertama menyampaikan materi mengenai live report dan news anchor. Sebelum memulai materi Putri menjelaskan bahwa seorang news anchor sudah pasti seorang journalist tetapi seorang jurnalis belum tentu seorang news anchor.
Awalnya dia adalah seorang jurnalis yang kemudian diangkat menjadi seorang news anchor. Ia menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang bisa dibilang kriteria untuk menjadi seorang news anchor. Yang pertama adalah ,i>Look
, seorang news anchor tidak harus cantik ataupun tampan, goodlooking saja sudah cukup. Kemudian expertise, ahli dibidangnya, paham serta mengerti dengan profesinya. Tune dan Artikulasi juga penting agar pemirsa mengetahui apa yang disampaikan. Heart , seorang jurnalis harus bekerja dengan hati. Dan yang terakhir adalah Honesty, dimana seorang jurnalis itu harus jujur.
Materi kedua kemudian disampaikan oleh Prabu Revolusi. Ia memberikan gambaran mengenai public speaking, bahasa tubuh, serta idealisme pemberitaan yang sarat akan kepentingan golongan. Menurutnya, kemampuanpublic speaking dibutuhkan setiap orang, begitu halnya dengan mahasiswa. . Kemampuan public speaking diperlukan misalnya pada saat presentasi tugas di dalam kelas maupun tugas akhir di hadapan dosen penguji. “Mental mengambil porsi 70 persen dari kesuksesan public speaking Anda,” ujar Prabu di akhir materi kedua.Falentine Lidya)

No comments