Header Ads

ad

Talkshow Interaktif Mendadak Dekan


Photo : PH
SEMARANG (22/9). Menyambut agenda Pemilihan Dekan (Pildek) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang sebentar lagi akan dilakukan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM mengadakan sebuah talkshow “Bincang-Bincang Mahasiswa” atau “BBM” bertajuk “Mendadak Dekan”. Acara yang dilakukan Senin sore (22/9) tersebut menghadirkan Priyadi Nugraha, SKM, M.Kes sebagai pembicara yang
pada periode lalu menjabat sebagai ketua Pildek. Dihadiri oleh banyak mahasiswa termasuk diantaranya mahasiswa baru dan mahasiswa Lintas Jalur (LJ), BBM kali ini dipenuhi antusiasme menyambut event yang diadakan empat tahun sekali ini.
Pada acara ini, mahasiswa dapat mengungkapkan pertanyaan dan pendapatnya mengenai agenda Pildek mendatang. Diskusi Tanya jawab mengenai apa itu pemilihan dekan dan bagaimana mekanisme pemilihannya terlihat sangat mengalir antara peserta dan pembicara. Moderator, Arif Setiawan yang juga merupakan ketua BEM FKM dan Amalia Choirun Nafi’ah (Pemimpin Umum Publica Health) selaku Notulen memadu jalan acara dengan lancar. Priyadi Nugraha menerangkan bahwa terdapat tiga syarat untuk dapat mencalonkan diri menjadi dekan FKM. Ketiga syarat tersebut adalah berpendidikan min.S3, menjabat sebagai Lektor Kepala, dan berusia maksimal 60 tahun. Pemilihan Dekan pun dilakukan secara tertutup dalam mekanisme sidang Senat Fakultas Kesehatan Masyarakat. Hanya anggota Senat yang mempunyai hak suara untuk memilih siapa dekan FKM selanjutnya. Senat Fakultas Kesehatan Masyarakat sendiri terdiri dari Dekan FKM, Para Pembantu Dekan, Kepala Bagian Peminatan, dan juga Kepala Program Studi FKM Undip.
Setelah selesai pemberian materi, Arief Setiawan mempersilahkan para peserta BBM untuk bertanya. Para peserta yang sebagian besar didominasi oleh mahasiswa baru terlihat sangat antusias dalam mengutarakan pendapatnya tentang Pemilihan Dekan. Hal ini terlihat dari salah seorang mahasiswa baru yang menanyakan bagaimana kinerja dari Dekan FKM Undip saat ini. Di akhir acara beberapa peserta menyampaikan harapan besar kepada dekan yang terpilih nantinya untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang baik dan mengayomi, serta tetap memajukan fakultas, almamater, dan bangsa Indonesia.(Djaka Anugrah Hidayat)

No comments