Header Ads

ad

Mari Berkarya dengan Indonesia Menulis


Photo : Indonesia Menulis
SEMARANG (28/9). Budi Sutedjo Dharma Oetomo kembali membahas tema Sukses Menjadi Penulis Produktif dalam Lokalkarya Indonesia Menulis. Acara ini digelar selama dua hari, mulai Jum’at (26/9) hingga Sabtu (27/9). Lokalkarya dengan model edutainment yang diikuti 30 orang peserta ini diadakan di Ruang Seminar FKM Universitas Diponegoro.
Para peserta mayoritas berasal dari kalangan dosen dan lima orang perwakilan mahasiswa dari Publica Health dan PIRC.
Acara pelatihan ini dimulai jam 08.15 WIB. Setealah perkenalan, peserta diajak Herjani selaku ketua panitia untuk menyimak lagu Indonesia Menulis yang dikarang oleh Budi. Selanjutnya Budi mengawali pelatihan dengan memberi semangat, dorongan dan visi, agar peserta dapat segera melahirkan karya tulisannya. Setelah istirahat, pelatihan dialnjutkan dengan langkah-langkah praktis untuk menulis fakta, fitur, opini, artikel dan buku
Acara ini diadakan untuk membekali masyarakat dengan keterampilan menulis, agar lapangan kerja bertambah. Selain itu, acara ini diadakan juga untuk meningkatkan gairah penerbitan di Indonesia. Menurut Budi, setiap orang diberi Tuhan talenta untuk menulis. Semakin seseorang produktif melahirkan karya tulisan, maka pola pikirnya makin sederhana. Bahkan ia akan memiliki kinerja yang tinggi dalam bekerja. Selain itu, ia memiliki kepekaan dan kepedulian terhadapa peristiwa –peristiwa yang terjadi untuk diolah menjadi informasi.
Acara ini diadakan untuk membekali masyarakat dengan keterampilan menulis, agar lapangan kerja bertambah. Selain itu, acara ini diadakan juga untuk Ungkapan Budi itu didasarkan pada pengalaman alumni Indonesia Menulis dan pengalaman pribadi. Di tengah kesibukannya mengajar di perguruan tinggi, Budi mampu menghasilkan 141 buku, 1312 artikel, 746 berita, menyunting 71 buku serta melahirkan 919 penulis. Berkat semua itu Budi berhasil meriaih penghargaan rekor MURI di bidang penulisan. Rencananya Lokalkarya Indonesia Menulis akan digelar kembali di Jakrta selama dua hari mulai sabtu (11/10). Bagi para pemibat dapat segera mendaftarkan diri dengan mengirim email ke indonesiakumenulis@gmail.com.(afb)

No comments