Header Ads

ad

Membuka Wawasan Baru FKM di PhaSE 2014


Photo : BEM FKM
Awal semester ganjil mahasiswa FKM diawali dengan kuliah umum PhaSE (Public Health’s Success Experience) di gedung Soedarto. Acara PhaSE 2014 kali mengangkat tema “SKM Ready To Face The World”. PhaSE merupakan program kerja BEM yang menjadi tanggung jawab Departemen Kelompok Kerja (Pokja), Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
, dan Kesejahateraan Mahasiswa (Kesma). Acara PhaSE 2014 dihadiri kurang lebih 450 peserta, terdiri dari mahasiswa FKM Undip angkatan 2011, 2012, 2013, dan 2014 serta beberapa mahasiswa delegasi dari Universita Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Open gate dimulai pukul 07.00 WIB. Para peserta sudah tampak mengantri dan memasuki ruangan, ada yang langsung mencari tempat duduk namun ada juga yang mengantri photobooth terlebih dahulu. Acara dibuka dengan tarian Genjring dari Studio 8. Pembukaan acara secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Dekan FKM Undip, Dra. V. G. Tinuk Istiarti, M. Kes., didampingi oleh Pembantu Dekan (PD) III, Ir. Suyatno, M.Kes., dan ketua panitia. Setelah memukul gong, Dekan FKM langsung memberikan materi tentang kesiapan insitusi menyambut Surat Tanda Registrasi (STR). “Lulusan FKM belum ada 6 bulan setelah wisuda pasti langsung dapat kerja,” ungkap beliau. Acara diskusi PhaSE dimoderatori oleh Dr. dr. Bagoes Widjanarko, MPH dan notulen Ibu Eka. Pemaparan materi pertama oleh perwakilan PPSDM Kemenkes, dr. H. Asjikin Imam Hidayat Dachlan, MHA. Materi kedua dilanjutkan dengan talkshow bersama Ketua MTKI, Dr. dr. Trihono, M. Sc, perwakilan dari PAMI, dan yang terakhir materi dari Ketua IAKMI, Dr. Adang Bachtiar, MPH., ScD.
Pemaparan selanjutnya datang dari Prof. Natsir, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis. “Saya akan mengalokasikan budget untuk kegiatan mahasiswa agar kreativitas mahasiswa tumbuh dan berkembang,” ujar pria yang sebelumnya juga pernah menjadi Pembantu Rektor II Undip ini. Beliau juga menjelaskan jika ia terpilih akan menerapkan prinsip UNDIP (Understanding, Naturing, Developing, Inspirator People) dan juga Good University Government dalam memberlakukan kebijakan di Undip. Pemamparan ketiga dilakukan oleh Prof. Purwanto, Ketua Program Doktor dan Magister Teknik Lingkungan Undip.
“Banyak mahasiswa FKM yang bingung dengan jurusannya, tapi percayalah kalian hebat sudah memilih menggapai cita – cita dari FKM,” ujar beliau menyemangati para mahasiswa. Selesai materi acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung 2 termin. Acara setelah ishoma dilanjutkan dengan pemberian motivasi dari Bambang Nugroho. Penutupan acara dilakukan oleh MC dan peserta meninggalkan tempat berlangsunnya acara diiringi penampilan Studio 8 Band. (Alifia)

No comments