Header Ads

ad

GeDe CiLik, Metode Baru Pencerdasan Lingkungan


Photo : PH
SEMARANG (20/9). Lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat adalah dambaan setiap masyarakat. Msalah satu masalah lingkungan sehat erat kaitannya dengan sanitasi. Sanitasi di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara lainnya. Contohnya saja di kota-kota besar di Indonesia, khususnya Kota Semarang masih banyak daerah yang sanitasi lingkungannya tergolong buruk.

Sekelompok mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan dasar 3 pilar Penguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Para mahasiswa FKM Undip ini melakukan pengabdian masyarakat pada hari Minggu, 13 September 2014
Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan gerakan lanjutan dari kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Dasar 2014 yang digelar pada bulan Juli lalu. Pada kegiatan Pasca LKMM Dasar (LKMMD) ini ilmu-ilmu yang telah didapat pada kegiatan LKMMD sebelumnya diimplementasikan. Implementasi tersebut diterapkan di Kelurahan Meteseh RW VI dengan nama Gede Cilik “Gerakan Desa Cinta Lingkungan”. Program Gede Cilik ini sendiri diisi dengan berbagai keigatan diantaranya senam sehat bersama warga, pemanfaatan sampah untuk kerajinan tangan, pelatihan biopori, hingga lomba mewarnai dan permainan untuk anak-anak.
“Kami melibatkan beberapa lapisan masyarakat baik ibu-ibu, bapak-bapak, dan anak-anak yang diwakili dari 5 RT.” ungkap salah satu panitia LKMMD. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mentranformasikan pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa dalam dunia kampus kepada masyarakat, menumbuhkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap kesehatan lingkungan, dan memberikan pengetahuan kepada warga mengenai cara pengolahan sampah plastik dan pengolahan kompos. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat diharapkan bisa memiliki pola hidup yang sehat sehingga tercipta lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat.(afb)

No comments