Header Ads

ad

LPJ Tengah Tahun, Forumnya Menerima Kritik dan Saran

Photo : Senat
Tahun 2014 telah berjalan hampir setengah tahun. Ini saatnya 10 UKK, BEM, dan Senat FKM saling melakukan evaluasi keberjalanan proker masing-masing lembaga selama setengah tahun kepengurusan. Evaluasi tersebut dilakukan dalam suatu forum besar bersama bernama LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Tengah Tahun GAMA FKM Undip. Acara evaluasi yang rutin dilaksanakan tiap tengah tahun ini dilakukan pada hari Sabtu, 24 Juni 2014 di ruang B201.2 FKM Undip. Acara yang
seharusnya dimulai pukul 07.00 WIB ini mengalami keterlambatan hingga pukul 09.00 WIB. Keterlambatan ini dikarenakan beberapa perwakilan ataupun pimpinan lembaga belum datang.
LPJ Tengah Tahun Gama FKM Undip yang berbentuk sidang ini dimulai dengan pembacaan tata tertib oleh presidium sementara yang disepakati seluruh peserta sidang. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemilihan presidium tetap terpilih yaitu : Adha Triyanto (Presidium Tetap I), Liwanti Subagio (Presidium Tetap II), dan Nurafian Majiid (Presidium Tetap III). Setelah pemilihan presidium tetap, acara dilanjutkan dengan pemaparan pertanggung jawaban oleh perwakilan tiap UKK, BEM dan Senat FKM selama 10 menit. Di akhir pemaparan LPJ Tengah Tahun dilakukan sesi tanya jawab baik berupa kritikan ataupun saran selama 10 menit dan nantinya presidium sidang akan menanyakan apakah LPJ organisasi tersebut diterima, ditolak ataupun diterima dengan syarat oleh para peserta sidang.
Publica Health menjadi UKK yang pertama berkesempatan melaporkan LPJ Tengah Tahun-nya. Ketika LPJ Tengah Tahun Publica Health selesai dipaparkan dan diterima oleh audiens, sempat terjadi adu pendapat. Adu pendapat ini dikarenakan format LPJ Tengah Tahun yang diberikan kepada Senat oleh tiap UKK berbeda satu sama lain. Hal ini terjadi karena adanya miss komunikasi antar pimpinan lembaga dengan komisi 3 Senat FKM, selaku penjalan fungsi pengawasan UKK di FKM Undip. Setelah mengalami pembahasan panjang maka disepakati untuk format LPJ selanjutkan akan dibahas bersama dalam forum Rapim (Rapat Pimpinan).
Suasana ruang sidang berubah menjadi riuh pada akhir pemamparan LPJ Tengah Tahun BEM FKM. Ini dikarenakan beberapa anggota Senat FKM masih ingin melakukan tanya jawab meskipun waktu yang telah disediakan telah habis, sementara sebagian peserta sidang menginginkan acara dilanjutkan dengan pemamparan lembaga selanjutnya. Akhirnya solusi disepakati dengan mengadakan forum tersendiri di luar sidang antara Senat FKM dan BEM FKM. Sidang kembali dilanjutkan setelah istirahat sholat Ashar. Sidang kemudian ditutup dengan pembacaan SK (Surat Keputusan) oleh Presidium I yang mengesahkan semua hasil sidang pada hari itu (re : Selasa). (Anugrah Febrino Balwa)

No comments