Header Ads

ad

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Photo : PH
30 Mei 2014 mahasiswa FKM UNDIP kembali berkarya dengan mengadakan acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS). Acara yang mengambil tema “Lawan Ilusi Pembodohan Industri Rokok” ini, bertempat di kampus ungu FKM UNDIP. Pukul 05.30 WIB para peserta mulai berdatangan untuk menyambut kedatangan rombongan Rektor. Tak lama kemudian, rombongan dari rektorat datang dengan bersepeda, peserta menyambut dengan menyanyi bersama. Selepas dibuka oleh MC, dilanjutkan senam bersama Rektor.
Sebagai pembuka acara, senam mampu membakar semangat para peserta yang terdiri dari para mahasiswa, dosen dan jajaran rektorat. Selepas senam acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Rektor yaang diwakilkan oleh Pembantu Rektor, Drs. Warsito, S,U.
“Daripada candu rokok lebih baik candu senam,” terang PR III dalam sambutannya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKM UNDIP, Dra.V.G.Tinuk Istiarti, M.Kes dengan didampingi Duta HTTS 2014, Rakhmi Wijiarti dan Duta Sehat Tanpa Rokok Jawa Tengah, Widya Ratna Wulan. “Perlu kami sampaikan kepada bapak PR III bahwa FKM cukup bangga bisa menginisiasi 90 Perguruan Tinggi di Jawa Tengah untuk melakukan pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok di kampus. Pada kesempatan hari ini karena pak Rektor berhalangan hadir saya minta pak PR3 berjanji, kita (UNDIP) sudah mendapatkan satu penghargaan penyelenggara PIMNAS tapi kenapa kampus kita belum bebas rokok?,’’ ungkap pimpinan fakultas ungu ini.
“Saya memohon pada kesempatan ini pak PR III beranikah bapak mengadvokasi mahasiswa kita untuk tidak merokok di kampus ?. Boleh merokok tapi di bilik merokok. Jadi demikian saya mohon nanti ke depan yang ada disini yang dari fakultas lain mohon dibantu BEM dan Senatnya mengalokasikan waktu untuk membuat bilik merokok. Silahkan merokok tapi pisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Salam Sehat! UNDIP!” lanjutnya sambil menggebu-gebu.
Acara kemudian berlanjut kepada ‘Pematahan Replika Rokok’ oleh PR III dan Dekan FKM secara simbolis sebagai bentuk perlawanan ilusi pembodohan industri rokok. Kemudian diteruskan dengan penerbangan balon bertuliskan “GO UNDIP KTR” dan penandatanganan di atas kain putih oleh PR III, Dekan FKM, serta perwakilan BEM KM Undip sebagai bentuk kesepakatan bersama menjadikan Undip Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Selanjutnya, pembacaan deklarasi “Mahasiswa Undip Bebas Asap Rokok” oleh Duta HTTS 2014 dan Duta Sehat Tanpa Rokok Jawa Tengah. Para peserta kemudian dihibur dengan penampilan teater dari Studio8 FKM dengan judul “Mati Segan Hiduppun Menanggung Beban”. Puas dihibur dengan teater acara berlanjut denga makan bersama dan diikuti acara puncak kegiatan HTTS FKM 2014 yaitu longmarch mengitari Undip untuk menyerukan kampanye Kawasan Tanpa Rokok. Peserta mengitari Undip sambil membawa hasil karya tangan mereka yang menggambarkan tentang anti rokok. Sempat berhenti sejenak di Widya Puraya untuk melakukan orasi, para peserta kembali lagi ke FKM untuk melihat promosi dari komunits L-Men dan Hilo serta flashmob. (Alifia Ardyara)

No comments