Masukkan iklan disini!

5 Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan

Hari Raya Idul Adha tentu saja membuat sebagian besar orang memiliki stok daging yang banyak salah satunya daging sapi. Selain rasanya yang enak, daging sapi juga mempunyai beragam manfaat untuk tubuh sehingga baik untuk kesehatan. Berikut pembahasannya:

1. Mengoptimalkan fungsi otot

Sumber: aido.id
Protein memegang peranan penting dalam memelihara kesehatan otot. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 26 gram protein, hal ini akan membantu dalam membangun otot lebih banyak dan mencegahnya hilang. Hilangnya massa otot bisa berakibat pada keadaan tubuh yang terasa lemah, letih dan lesu serta sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Menjaga berat badan tetap stabil

Sumber: alodokter.com
Daging sapi mengandung suplemen yang disebut dengan L-carnitine dan asam linoleat terkonjugasi yang bisa menurunkan berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Ini bukanlah dugaan semata tetapi temuan dari peneliti, mereka membandingkan dengan sampel yang tidak mengonsumsi suplemen L-carnitine. Hasil menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi L-carnitine dapat menurunkan berat badan lebih cepat daaripada yang tidak mengonsumsinya. Sedangkan asam linoleat terkonjugfasu berperan dalam menurunkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh.

3. Menyehatkan jantung

Sumber: ners.unair.ac.id
Beberapa zat yang bisa meminimalisir terkena berbagai penyakit kardiovaskular atau yang berkaitan dengan jantung adalah asam lemak DHA, Lipid, lemak trans dan vitamin b12. Untuk lemak trans dan vitamin B12 sudah teruji secara klinis mampu mengurangu resiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular lainnya. Tentusaja ini harus diimbangi pula dengan berolahraga secara rutin agas jantung semakin sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Mencegah anemia defisiensi besi

Sumber: halodoc.com
Daging sapi adalah sumber zat besi yang berbentuk zat besi heme dimana zat besi ini dapat diserap oleh tubuh lebih banyak daripada zat besi non heme yang biasa ditemukan dalam sumber pangan nabati. Maka dari itu, dengan kandungan zat besi yang cukup yang terserap oleh tubuh maka bisa terhindar dari anemia yang gejala utamanya karena kekurangan zat besi. Anemia bisa berakibat buruk pada tubuh karena menyebabkan kelelahan yang bisa berdampak fatal untuk tubuh sehingga harus dicegah sedini mungkin.

5. Menjaga kekebalan tubuh

Salah satu yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh adalah glutathione yang dikenal sebagai master antioksidan. Kandungan ini juga ada didalam daging sapi. Manfaatnya untuk membantu melindungi setiap sel dalam tubuh dari kerusakan yang bisa berujung kepada penyakit kronis. Apabila kekurangan bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya stress oksidatif dan peradangan sehingga kadarnya didalam tubuh harus tercukupi (Azra Aniqah).

No comments