Masukkan iklan disini!

Review Film: Abominable, Petualangan Yeti dengan Manusia

 

Sumber: Google

Dreamworks Animation merilis film animasi ini pada tahun 2019. Bekerja sama dengan Pearl Studio, film Abominable ini menceritakan sosok Yeti atau yang lebih dikenal dengan wujud makhluk salju raksasa. Disutradarai oleh Jill Culton, dan para pengisi suaranya Chloe Bennet, Albert Tsai, Tenzing Norgay Trainor, Eddie Izzard, Sarah Paulson, dan Tsai Chin.

Abominable mengisahkan seorang remaja yang suka bermain biola dan masih berduka atas kepergian ayahnya untuk selama-lamanya. Yi (Chloe Bennet) menjadi lebih sering menyendiri di rooftop apartemennya sambil memainkan biola, ia juga selalu menghindar setiap diajak berbicara dengan ibu (Michelle Wong) dan neneknya (Tsai Chin).

Yi yang saat itu memiliki mimpi berkeliling ke seluruh penjuru Cina menghabiskan waktu musim panasnya dengan bekerja. Sampai dengan suatu malam di rooftop, Yi menemukan seekor raksasa berbulu putih sedang bersembunyi yang ternyata merupakan seekor Yeti. Alasannya bersembunyi adalah karena sekumpulan orang-orang dengan helikopter dan mobil misterius sedang memburunya. Yi pun mencoba berkomunikasi dan Yeti tersebut mengarahkan jarinya ke billboard bertuliskan Everest. Yi berpikir, Yeti ini ingin pulang ke rumahnya berada di pegunungan Himalaya. Dari situlah Yi menamakannya Everest.

Film Abominable menyajikan kisah petualangan yang heart-warming. Dengan pembawaan cerita mengenai keluarga yang pas dan lelucon yang relate, para karakter terlihat menonjol dan memiliki ciri khasnya masing-masing yang pastinya mencuri perhatian penonton. Ada satu karakter yang membekas di pikiran saya, yaitu karakter nenek Yi yang suka mengomel dan sangat bawel yang membuat saya tertawa karena sebagai orang Asia pastinya sangat relate dengan karakter ini.

Berlatar tempatkan di negara Cina, tentunya kita akan melihat banyak pemandangan di negara ini. Mulai dari perkotaan, destinasi wisata, sampai dengan perjalanan Yi menuju pegunungan Himalaya. Saat menonton filmnya rasanya ingin berwisata ke negeri tirai bambu karena kita disuguhkan dengan pemandangan gunung Huang atau Huangshan, sungai di Yangshou, dan juga yang paling ikonik adalah Leshan Giant Buddha.

Abominable merupakan film yang memberikan pesan tersirat mengenai arti keluarga yang sangat penting bagi orang Asia. Film ini makin terasa Asianya saat Everest mengeluarkan salah satu kekuatannya, yaitu mengubah awan menjadi bentuk ikan koi yang kemudian dijelaskan dalam film bahwa ikan koi yang berenang melawan arus berarti menandakan perjuangan yang tidak cepat menyerah. (Haura)

 

No comments