Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Melewatkan Sarapan? Ini Dampaknya





Source: independent.co.uk

            Terburu-buru berangkat ke kampus ataupun kekantor sehingga tidak sempat sarapan adalah salah satu alasan klise bagi seseorang yang sering melewatkan makan paginya. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Jadi, yuk simak penjelasan pentingnya sarapan pagi bagi pemilik hari dengan segudang aktivitas!

Sarapan adalah makanan yang dimakan sebelum beraktivitas yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk. Sarapan memberikan kontribusi yang penting terhadap total asupan gizi sehari karena dapat menyumbangkan sekitar 25% total asupan gizi sehari. Selain itu sarapan yang baik mengandung sumber karbohidrat, protein, serat tinggi dan lemak rendah.
           
            Masa remaja merupakan masa rentan terhadap masalah gizi. Pada masa ini merupakan periode pertumbuhan dan pematangan reproduksi. Pertumbuhan menyebabkan perubahan fisik yang berpengaruh terhadap kebutuhan dan kecukupan asupan zat gizi. Ketidakseimbangan antara
kebutuhan dan kecukupan akan berdampak pada masalah gizi baik gizi lebih maupun gizi kurang. 1. Hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh sehingga mengganggu aktivitas belajar serta menurunnya prestasi belajar.
2 Bagi pelajar ataupun mahasiswa, sarapan berguna dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat ketika belajar di sekolah atau kampus sehingga akan menghasilkan prestasi yang lebih baik.
           
            Menurut Saidin, seseorang yang tidak terbiasa sarapan akan mempunyai kadar glukosa yang rendah. Glukosa darah adalah satu-satunya penyalur energi bagi otak untuk bekerja optimal. Glukosa yang rendah akan menyebabkan penurunan konsentrasi belajar atau daya ingat, tubuh melemah, pusing dan gemetar.

            Menurut Soekirman anak yang tidak terbiasa sarapan mengalami kesulitan mengerjakan tugas yang memerlukan konsentrasi, sering mempunyai nilai hasil ujian yang rendah, mempunyai daya ingat yang terbatas dan sering absent. Selain itu dari berbagai penelitian membuktikan bahwa sarapan berpengaruh pada konsentrasi dan prestasi belajar anak sekolah.

 

Contoh Menu Sarapan Sehat

            Menu sarapan sebaiknya diatur sebaik mungkin, sarapan yang sehat mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak, bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kamu kenyang selama berjam-jam.
            Sebisa mungkin juga memilih menu yang diolah dengan cara direbus, dipanggang, dan dibakar. Jika ingin menikmati nasi goreng pun, pastikan porsinya seimbang dengan sayur dan buah, dan tidak dalam jumlah berlebihan.
            Selain menu makanan, pemilihan minuman juga penting diperhatikan.Pilihlah air putih dibandingkan sirup atau teh. Sirup mengandung banyak gula. Dalam keadaan haus Anda akan minum secara berlebih sehingga asupan kalori juga akan berlebih (1 sdm gula = 15 gram atau setara 60 kalori. Padahal, rata-rata sarapan harus mengandung 600-700 kalori untuk wanita dan 690-800 kalori untuk pria dewasa.
            Setelah memahami banyaknya manfaat serta dampak sarapan pagi yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya hindari melewatkan pagi tanpa mengonsumsi makanan bergizi. Percayalah, harimu akan lebih baik jika membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari.(Namira Putri Azzahra)


Journal of Nutrition College, Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 631-637 Online di : http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnc


No comments