Header Ads

ad

Pesan untuk Kesehatan Indonesia, Jangan Takut Keluar dari Zona Nyaman

sumber: detik.com
Bekerja bukan hanya karena tuntutan, seorang dokter bernama Benediktus Andries lebih memilih untuk resign sesaat setelah diangkat menjadi karyawan tetap di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM). Pria asal Bogor ini memilih pindah ke Timika dan bergabung Bersama Pusat Penelitian Malaria Timika di Kabupaten Timika, Papua. Alasannya tentu karena tingginya tingkat penderita malaria di Papua sehingga Andries ingin kemampuan miliknya berguna untuk masyarakat di daerah yang terbilang masih kurang dalam pelayanan medis.
Meski seperti yang kita tahu bagaimana medan pelayanan disana yang cukup susah aksesnya, fasilitas yang tidak secanggih kota besar lainnya, namun hal tersebut tetap tidak menghentikan niatnya. Andries pun mengaku tidak takut, masalah umur sudah ada yang mengatur dan menurutnya Papua juga merupakan bagian dari Indonesia dan seharusnya tidak dibedakan. Papua sendiri terkenal dengan masalah kesehatan sedangkan tenaga kesehatan di sana masih sangat kurang. Kesenjangan dalam penempatan tenaga medis ini perlu sekali untuk disampaikan. Andries menyampaikan ini agar teman-teman lebih berani dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman.
Mengingat medan yang dituju bisa dibilang jauh dengan tempat asalnya, pria kelulusan Universitas Atma Jaya, Jakarta ini mengaku sudah mendapat restu dan tidak ada hambatan apapun, kedua orangtua Andries justru mendukung apapun yang ia jalankan dalam profesinya untuk menggunakan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain.
Menurut Andries, menjadi dokter harus mampu mengaplikasikan apa yang sudah dimiliki kepada masyarakat karena menurutnya dokter harus melayani dan bekerja untuk kepentingan masyarakat. Di sini perlu tenaga yang bukan hanya ahli tetapi juga memiliki hati untuk Papua. Memberikan sumbangsih positif bagi bangsa dengan bertujuan mulia untuk mengabdi di tanah Papua merupakan langkah yang dipilih Dr. Benediktus Andries. Bekerja sebagai relawan merupakan tujuan besar yang ingin Andries lakukan. (Gadis)

No comments