Header Ads

ad

Cegah Kanker Payudara Bersama Abracadabra


Sumber : doc.pribadi


Senin (19 / 02) telah dilaksanakan kegiatan Stophiva Monitoring Issue yang bertemakan Abracadabra (Against Breast Cancer with Bravery) di gedung E FKM Universitas Diponegoro. Stophiva Monitoring Issue atau yang lebih dikenal dengan SMS ini merupakan acara tahunan dari UKMF Stophiva.
Dalam kegiatan ini, Stophiva juga mengundang delegasi dari Jepang yang tergabung didalam IWC (International Work Camp). Delegasi IWC yang berada di Semarang kini menetap di desa Tegalrejo, Ungaran dan melakukan beberapa kegiatan, antara lain student discussion, SADARI (periksa payudara sendiri), human rights, children outreach, dan making friend.
Menurut Achy Novia selalu ketua pelaksana, pemilihan tema ‘kanker payudara’ dikarenakan fokus dari UKMF Stophiva sendiri adalah kesehatan pada masyarakat dan tentu tema ini sangat berguna bagi perempuan di luar sana.
Kegiatan SMS Abracadabra mendatangkan pembicara GWC (Group World Camp), Laila Ariniawati. Dalam kegiatan ini, dipaparkan apa saja ciri jika seseorang menderita kanker payudara, seperti terdapat benjolan di sekitar payudara, puting susu terlihat seperti kulit jeruk, dan keluarnya cairan seperti darah dari puting susu penderita (biasanya terjadi jika kanker sudah memasuki stadium 3-4).
Selain itu, Laila juga mengungkapkan bagaimana cara mencegah kanker payudara, diantaranya mengurangi makanan yang mengandung zat karsinogen, melaksanakan program CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan rokok, Rajin olahraga minimal 30 menit per hari, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola setres). Selain itu perlu adanya melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) guna mendeteksi secara dini. (Devi)

No comments