First Aid Training 3: Menjadi Penolong Cerdas

Photo: PH
First Aid Training untuk ketiga kalinya kembali diadakan oleh KSR FKM UNDIP pada Minggu (02/10). Acara yang mengangkat tema Logistik Obat ini diselenggarakan di gedung E FKM UNDIP dan mengundang Nuzulul W Laras sebagai pembicara. First Aid Training atau yang disingkat FIT ini terbagi dalam dua sesi yaitu materi dan praktik. Materi yang disampaikan yaitu tentang manajemen P3K dan pengukuran tekanan darah. Sebelum penyampaian materi, terdapat penayangan video pengenalan mengenai obat paten. Sedangkan praktik yang dilakukan adalah praktik cara mengukur tekanan darah.
Pada materi manajemen P3K, peserta dijelaskan mengenai apa itu P3K, mengapa P3K itu perlu dan bagaimana prinsip dasar menjadi seorang penolong. Sedangkan pada materi pengukuran tekanan darah, peserta dijelaskan mengenai apa itu tekanan darah, bagaimana cara mengukurnya, dan apa yang perlu dilakukan saat pengukuran tersebut.
Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari mahasiswa FKM namun juga berasal dari luar FKM. “Tujuan acara ini pertama adalah agar KSR FKM UNDIP bisa aktif untuk umum. Dan kemudian yang kedua untuk memfasilitasi masyarakat FKM terutama mahasiswa FKM untuk mengikuti atau menimba ilmu terkait ilmu-ilmu kepalang merahan,” ujar Atina selaku ketua pelaksana acara First Aid Training dari KSR FKM UNDIP.
Manfaat yang didapatkan dari acara ini menurut Asriyati Faticha yang merupakan peserta dari KSR Politeknik Negeri Semarang adalah bertambahnya pengetahuan mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat melakukan pertolongan pertama.
Harapan Atina, semoga lebih banyak lagi yang berminat untuk mengikuti kegiatan seperti ini karena materinya sangat penting untuk kedepannya apalagi untuk mahasiswa FKM. (Inten Ayu dan Arni Widiastari)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.