Tidur Berkualitas di Tengah Kepadatan Aktivitas


Aktivitas seorang mahasiswa yang bertubi-tubi mulai dari tugas yang menumpuk, kegiatan organisasi dan kegiatan lainnya diluar kampus mengakibatkan otak menjadi lelah. Hal ini dapat menyebabkan konsentrasi hilang, murung, mudah emosi dan menurunkan tingkat kreatifitas serta kecerdasan seseorang. Dalam hal ini diperlukan hal yang dapat mengembalikan itu semua sehingga menjadi seimbang.
Sebuah penelitan menjelaskan bahwa tidur siang serta pola tidur yang stabil dapat menjadi solusinya. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah diantara pukul 13.00-16.00. Tidur siang diatas pukul 16.00 akan mengganggu proses tidur di malam hari. Durasi tidur siang sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas kita untuk memulihkan kewaspadaan, tidur selama 10-20 menit sudah cukup. Tidur selama 60 menit lebih cocok untuk kamu yang melakukan kegiatan yang banyak menggunakan otak. Tetapi ada kekurangannya, kamu mungkin akan merasa grogi atau bingung sejenak setelah bangun.
Penelitian dilakukan oleh Leon Lack, seorang professor psikologi dari Flinders University. Dia meneliti hasil dari tidur siang dengan durasi 30 detik hingga 30 menit. Dia melakukan percobaan terhadap 24 orang. Mereka diberikan waktu tidur berbeda-beda kemudian diuji dengan mengerjakan tugas yang berhubungan dengan proses mental.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa mereka yang tidur siang selama 10 menit, langsung merasa otak lebih tajam dan bisa bertahan hingga 2,5 jam. Bagi mereka yang tidur selama 20-30 menit, mereka akan merasa grogi selama 30 menit setelah bangun. Tetapi rasa segar yang mereka dapatkan kemudian bertahan lebih lama.
Jadi, mulai sekarang yuk sisihkan jam tidur siang anda selama 10-20 menit saja untuk mengembalikan kinerja otak ditengah-tengah berbagai aktivitas. Karena Hidup sehat dimulai dari diri sendiri kemudian menjadi kebiasaan. (Kartika Dian Elliana)

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/52498b6df7ca173b54000003/kapan-dan-berapa-lama-waktu-yang-baik-untuk-tidur-siang/




Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.