MASTERPIECE: Wadah Penyampaian Gagasan dan Ide Kreatif Mahasiswa untuk Indonesia Sehat 2020


Ide yang berjudul “Konsumsi Daging Ayam Broiler Bebas Residu Antibiotik untuk Realisasi Indonesia Sehat 2020” merupakan gagasan yang berhasil mendapatkan juara pertama pada perlombaan LKTI Masterpiece PIRC FKM Undip. Ide tersebut berasal dari mahasiswa UGM yang diketuai oleh M. Hidayat. Gagasan tersebut berisikan mengenai penggunaan antibiotik pada pakan ayam broiler yang dapat digantikan dengan fitobiotik yang bersifat lebih aman dan tidak mengandung residu yang membahayakan kesehatan manusia. Fitobiotik bisa diperoleh dari berbagai macam tanaman seperti kunyit (Curcuma domestica), jahe merah (Zingiber officinale), mahkota dewa (Phaleria macrocarpa), bawang putih (Allium sativum), dan jintan hitam (Nigella sativa L.). Penggunaan fitobiotik sebagai subtitusi antibiotik dapat tetap berperan sebagai growth promotor untuk memaksimalkan produktivitas ayam. Selain itu penggunaan fitobiotik dalam campuran pakan ayam broiler dapat menghasilkan daging yang aman dan sehat untuk dikonsumsi dalam rangka merealisasikan Indonesia Sehat 2020.
Kesehatan merupakan hal penting yang bisa menjadi sebuah pondasi dan investasi besar bagi kemajuan negara pada aspek atau bidang lainnya. Sesuai dengan isi UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 pasal 4 yang berbunyi “setiap orang berhak atas kesehatan”. Sehat merupakan hak dasar yang tidak bisa diganggu gugat dalam keadaan apapun. Sehat menurut WHO adalah suatu keadaan kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan.
Dewasa ini, kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan masih rendah. Rendahnya kesadaran masyarakat ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya kesehatan. Sampai saat ini, banyak dijumpai permasalahan-permasalahan kesehatan yang terjadi di Indonesia. Sehingga, perlu adanya suatu tindakan untuk menekan tingginya permasalahan kesehatan itu. Oleh karena itu, UPK Penalaran Ilmiah dan Research Club (PIRC) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro menyelenggarakan sebuah event mahasiswa tingkat nasional yang bernama Masterpiece.
Masterpiece ini merupakan sebuah ajang perlombaan karya tulis yang menjadi wadah penyampaian gagasan dan ide kreatif dengan tema “Integrasi Mahasiswa dalam Realisasi Indonesia Sehat 2020”. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah supaya mahasiswa dapat lebih terdorong mewujudkan perannya sebagai agen perubahan untuk turut mendukung dan berpartisipasi dalam program Indonesia Sehat 2020.
Kegiatan yang berlangsung pada 5-7 Desember 2015 ini dilaksanakan di gedung E FKM Universitas Diponegoro, Hotel Gracia dan Badan Dikalat Srondol. Masterpiece ini diikuti oleh 100 pengirim abstrak, dan 42 pengirim Karya Tulis Ilmiah yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, hanya 10 tim yang berkesempatan melakukan presentasi di grand final Masterpiece. Tim yang lolos grand final berasal dari beberapa Universitas di Indonesia antara lain yaitu Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya.
Hari pertama di Semarang, peserta melakukan technical meeting di Badan Diklat Srondol. Di hari kedua, peserta melakukan presentasi Karya Tulis Ilmiah yang kemudian dilanjutkan fieldtrip ke beberapa tempat wisata di Semarang yaitu Sampookong, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah dan pusat oleh-oleh di Semarang. Di hari selanjutnya peserta mengikuti Seminar Nasional yang diselenggarakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro di Hotel Grasia. Di Seminar ini juga diumumkan pemenang LKTI, dengan juara 1 berhasil diraih oleh tim Muhammad Hidayat dari UGM dengan judul “Konsumsi Daging Ayam Broiler Bebas Residu Antibiotik untuk Realisasi Indonesia Sehat 2020”, juara 2 berhasil diraih oleh tim Reskha Handayani dari ITB dengan judul “Fiksasi Metode dan Optimasi Jumlah Inokulum Lactobacillus plantarum” dan juara 3 diraih oleh Dimas Wildan Wibowo dari UNDIP dengan judul “Prototype Trashformer Sebagai Upaya Mengurangi Permasalahan Banjir di Wilayah Perkotaan”. #SalamPrestatif (PIRC)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.