IDEA Project: We are All the Same

Photo : Idea Project
Mahasiswa peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik (Epidtrop) FKM Undip mengadakan acara International Disability Epid Act Project (IDEA Project) untuk memperingati hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember. Acara yang diselenggarakan pada Minggu (6/12) di kawasan car free day Semarang ini bertujuan untuk memberikan pencerdasan pada masyarakat seputar disabilitas mulai dari jenis, penyebab, hingga ajakan untuk menolak segala bentuk diskriminasi pada kaum difabel.
IDEA Project merupakan rangkaian acara yang terdiri dari pra acara, hari H dan pasca acara. Pra acara diselenggarakan di FKM dengan membuka booth untuk menampung aspirasi dan harapan mahasiswa terkait dengan kaum difabel. Dalam pra acara ini, Epidtrop juga memfasilitasi mahasiswa Undip yang ingin berbagi kebahagiaan dalam bentuk donasi. Hari- H merupakan acara puncak yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Epidtrop tahun 2015 dan 2016. “Selain untuk mempererat kekompakan epidtrop 2016 dan 2015, dengan acara ini kita mau meningkatkan  awareness tentang keberadaan penyandang cacat itu sendiri” tutur Astri, ketua acara IDEA Project. Dengan mengusung jargon I can you can we are all the same, IDEA Project diawali dengan longmarch di sepanjang kawasan CFD, dilanjutkan dengan aksi penggalangan dana, teatrikal dari Studio 8 FKM Undip dan pencerdasan kepada masyarakat dengan membagikan leaflet dan pembatas buku yang berisi informasi seputar disabilitas.. Pra acara atau akhir dari project ini adalah pemberian donasi yang telah terkumpul selama pra dan hari-H acara kepada salah satu panti cacat ganda di Kota Semarang.
Melalui acara ini, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang memandang kaum difabel dengan sebelah mata. “Harapannya sesuai jargon, I can you can, we are all the same” tutupnya . (A3) 
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.