Peringati Hari Kesehatan Nasional dengan “JEANSS”

Photo : PH
Sabtu (14/11) Serangkaian acara Hari Kesehatan Nasional yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yaitu Seminar HKN (Hari Kesehatan Nasional) yang bertema Jeratan Narkoba Pemusnah Generasi Bangsa (JEANSS) di gelar di Gedung Prof. Soedarto Universitas Diponegoro. Dengan mendatangkan pembicara langsung dari BNN dan dr. Lula Kamal. Acara dibuka dengan sesi pertama terlebih dahulu oleh Yunis Farida O. selaku Direktur Advokasi BNN dengan tema Penegakan Hukum Penyalahgunaan Narkoba, menurut data prevalensi penyalahgunaan narkoba sudah mencapai 2,8 % atau sekitar 4 juta orang, dari tahun ke tahun selalu terjadi peningkatan. Penyalahgunaan narkoba ini ternyata banyak terjadi pada kalangan pekerja swasta dan pemerintah dikarenakan stress akibat beban kerja yang dihadapi di pekerjaannya. Ancaman narkoba masih sangatlah rawan karena gembong narkoba yang telah dipenjara pun masih mampu mengendalikan bisnisnya di penjara sekitar 75%. Hal itu dikarenakan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum penjaga rutan, selain itu Indonesia merupakan negara transit dimana jalur peredaran gelap mudah lewat begitu saja melalui perlintasan laut sehingga narkoba mudah sekali untuk masuk ke Indonesia.
Untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba terhadap mahasiswa salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas pencegahan Narkoba di kampus. contohnya dengan campus activity seperti tes urine pada mahasiswa atau dengan sosialisasi pada mahasiswa baru ataupun campaign dengan poster, stiker, atau yang lain.
Sesi kedua bersama dr. Lula Kamal dimulailah diskusi dengan mengangkat tema Proteksi Dini Generasi Muda dari Ancaman Narkoba. Pada diskusi ini dijelaskan mulai dari  tipe-tipe narkotika, psikotropika dan zat adiktif sampai akibat akibat dari penyalahgunaannya. Beliau pun bercerita mengenai pengalaman beliau menghadapi dan merehabilitasi pasien-pasien yang datang. Dengan berakhirnya sesi kedua maka acara pun diakhiri dengan Live Music dari Aderra sekaligus menutup acara Seminar HKN. (Indah)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.