Header Ads

ad

SoS : Speak of Your Mind


Photo : PH

Sebagai mahasiswa, selain berkewajiban menuntut ilmu, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengasah soft skill. Karena itulah BEM FKM UNDIP sebagai salah satu UPK memfasilitasi mahasiswa FKM untuk meningkatkan minat dan bakat dalam bidang public speaking. Acara yang dikemas dalam program bernama “School of Speaking” ini telah dibuka melalui Grand Opening yang diadakan pada hari Senin, 16 Maret 2015 tepatnya pukul 16.00 WIB. Bertempat di Ruang D201.1 dengan dihadiri kurang lebih 90 orang dari berbagai angkatan.
Program ini terdiri dari 3 sub program yang bisa dipilih oleh peserta, sebagaimana dikatakan oleh Pratiwi Sulistiyani sebagai Ketua Panitia “School of Speaking”.
“Peserta dapat memilih satu dari tiga pilihan yang ada. Diantaranya TMC, TnT, dan ECC.”
Lebih lanjutnya, Pratiwi menjelaskan bahwa TMC ( Training Moderator and MC) sub program ini ditujukan kepada mereka yng mempunyai minat dan bakat untuk menjadi pembawa acara. Yang kedua, TnT (Tips and Trick Public Relation) dimana peserta akan dibekali pelatihan mengenai kehumasan. Dan yang terakhir adalah ECC (English Class Conversation) yang akan mengasah kemampuan berbahasa inggris dari peserta.
Pembicara serta tentor yang mengisi program ini adalah orang yang sudah professional di bidangnya. Mereka berasal dari berbagai elemen seperti dosen, penyiar TVRI, dan ada pula dari BEM UNDIP. Setelah Grand Opening ini, setiap minggunya akan diadakan kelas sesuai dengan sub program yang dipilih oleh peserta. Sebagaimana nama “sekolah” yang tercantum , dalam program ini akan diberikan penilaian seperti halnya sekolah. Di akhir program ini nantinya akan ada wisuda. Untuk mendapatkan sertifikatnya selain penilaian, kehadiran peserta juga diperhitungkan. Sekurang-kurangnya 75 % dari jadwal yang telah ditentukan.
Salah satu peserta SoS , Desy Hafidhotul Ilmi menuturkan "Saya pilih ECC nih, soalnya english ability masih cetek, butuh di-improve, baik itu dalam conversation maupun grammar hehe. Harapan sih semoga semua ilmu dapat diimplementasikan dengan baik, pokoknya bismillah dapat menunjang kebermanfaatan".
“Diharapkan lulusan dari program “School of Speaking” ini bisa dikaryakan di event-event yang diadakan baik di lingkup fakultas maupun universitas. Seperti tahun lalu, contohnya lulusan SoS menjadi MC di Seminar PHaSe yang diselenggarakan oleh FKM Undip, juga pada Seminar HKN (Hari Kesehatan Nasional)” , tutur Pratiwi .
Selain itu Pratiwi menambahkan agar peserta SoS dapat berkomitmen dalam mengikuti program dan puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh BEM FKM UNDIP ini. (Via/Lulu)

No comments