Header Ads

ad

Menulis itu Asyik. Benarkah?

Photo : PH
Untuk yang kedua kalinya, Pelatihan Internal bagi kru LPM Publica Health periode 2015 digelar. Bertempat di ruang D201.1, Rabu (18/3) dengan menghadirkan Siti Khadijah sebagai pembicara, tema “Menulis itu Asyik” pun dibawakan. Siti Khadijah yang merupakan seorang penulis lepas berbagi pengalaman kepada kru LPM Publica Health. Menurut beliau, dengan menulis, seseorang bisa mengekspresikan apa yang ada di kepala.
Untuk menghasilkan tulisan yang layak dibaca, seorang penulis haruslah tahu pembaca yang disasar. Beliau mencontohkan, ketika menulis untuk rubrik anak, seorang penulis haruslah bisa mengolah kata-katanya sesederhana mungkin sehingga dapat dicerna oleh anak. Lain halnya untuk rubrik yang menyasar remaja. Bahasa yang digunakan sebisa mungkin memiliki unsur fun dan up to date.
Sebelum melakukan wawancara beliau berpesan hendaklah seorang jurnalis mencari materi dahulu seputar topik yang akan diberikan narasumber. Sebab, tidak semua narasumber menggunakan ragam bahasa populer ketika memberikan penjelasan. Karena itulah dengan bekal yang telah disiapkan, seorang jurnalis tidak akan terlihat “bodoh” di depan narasumber.
“Menulislah sebebasnya. Jangan merasa ada intimidasi maupun beban. Karena ketika seorang penulis merasa terbebani, kualitas tulisannya tidak akan bisa dikatakan baik”, ungkap Siti Khatijah. Tips juga diberikan oleh Siti Khatijah untuk LPM Publica Health. Sebagai insan pers yang berada di lingkup fakultas, buatlah berita hal-hal yang baik dan bermanfaat di dalam kampus sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran. (Lulu)

No comments