Sinergisitas untuk Kejayaan FKM

Arief (tengah), Dela (kiri), Hendro (kanan), selaku Presidium 1, 2, dan 3
GaMa (Keluarga Mahasiswa) suatu forum atau wadah di FKM Undip yang tebentuk dari SENAT, BEM, UKK dan seluruh mahasiswa. Forum ini bertujuan untuk menciptakan satu sinergisitas, menjaga stabilitas dan naungan koordinasi dari seluruh elemen mahasiswa FKM. GaMa kini memasuki babak baru di tahun kepengurusan 2013. Dimulai dengan raker (rapat kerja) yang dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Februari 2013.
Raker kali ini dibuka pada tanggal 6 Februari dengan pembahasan mengenai program kerja SENAT, BEM dan UKK. Pada tanggal 7 Februari dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai PPO untuk dipelajari draftnya. Kemudian ada juga sharing mengenai internal GaMa, RIPP dan anggaran.
Ada beberapa hal yang disoroti dalam penentuan PPO dan GBHK. Diantaranya mengenai penentuan kedudukan GaMa, SENAT, BEM, dan UKK. Pada struktur yang lalu, BEM memiliki kedudukan yang sejajar dengan UKK, dan dihubungkan dengan garis koordinasi. Tahun 2013 ada wacana untuk mengganti kedudukan BEM menjadi diatas UKK. Hal ini dilakukan karena menurut ketua BEM FKM 2013 kedudukan sejajar dengan UKK merupakan satu bentuk pengkhianatan terhadap sistem, yang dimaksud penghianatan sistem disini adalah ketua BEM yang dipilih melalui PEMIRA (Pemilihan Raya) sedangkan ketua UKK dipilih melalui suksesi dari intern lembaga. Hal yang menjadi pertanyaan mengapa ketua BEM dipilih melalui PEMIRA bukan dengan suksesi sebagaimana UKK. Pembahasan mengenai hal ini belum menemukan titik terang hingga akhirnya diputuskan untuk dipending pembahasannya.
Hal kedua dalam agenda raker pada tanggal 7 Februari 2013 adalah sharing dari SENAT, BEM, dan UKK ada beberapa agenda yang disepakati untuk dilaksanakan bersama antara lain melaksanakan lomba minat dan bakat yang merupakan kerjasama PSM, SPORTYCA, GAMAIS dan BEM. Selain itu, perayaan Hari Kesehatan Nasional dijadikan agenda bersama, dimana setiap acara yang dilaksanakan BEM, SENAT dan UKK pada bulan November harus bertemakan seperti yang sudah ditentukan oleh Kemenkes.
Agenda yang menjadi kesepakatan bersama yaitu penyuksesan Undip menjadi KTR (Kawasan Tanpa Rokok). BEM sebagai penginisiasi mengharap keterlibatan semua mahasiswa FKM untuk menyukseskan KTR dengan ikut menjadi tim khusus yang akan dibentuk menjadi dua fokus penting yaitu advokasi dan roadshow.
Sharing GaMa kali ini membahas pula mengenai pengoptimalan iuran KPK (Kita Peduli Kawan) dalam setiap event eksternal SENAT, BEM dan UKK, Sekolah MC (Master of Ceremony) dan moderator, serta pelaksanaan ibadah jumat oleh PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen) yang kerap mengalami bentrok tempat maupun waktu pelaksanaannya.
Pembahasan raker selanjutnya, mengenai agenda GaMa. Meskipun ada beberapa waktu pengagendaan yang sama antara UKK satu dengan yang lain namun, hal ini tidak mengurangi sinergisitas dalam GaMa. Kesepakatan demi kesepakatan antar beberapa pihak menyelesaikan masalah ini.
Memasuki agenda terakhir raker, budgeting. Pembahasan yang kerap kali menimbulkan perdebatan sengit antar SENAT, BEM dan UKK. Manajemen keuangan yang baik menjadi kunci dalam pembahasan budgeting. Beberapa UKK merasa kurang dengan anggaran yang sudah dibagi oleh senat. Namun, hal ini tidak begitu menjadi masalah karena ada beberapa yang menyumbangkan sebagian jatahnya untuk membantu yang merasa kurang.
Selesai sudah Raker GaMa 2013, semoga sinergisitas antar lembaga di FKM tetap terjaga demi terciptanya kejayaan FKM di masa depan. Berjuanglah generasi-generasi emas, untuk mencapai satu masa keemasan. Salam sehat !!! (Diana)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.