#2 Aku Anak Indonesia dan Aku Bangga

Ningbo, China, 29 Januari 2013
Hari ini anak-anak di sekolah Ningbo sedang melaksanakan ujian, jadi kami para Exchange Participant dan anggota AIESEC ZJU dibawa Kepala Sekolah keliling mengunjungi tempat bersejarah dan wisata kuliner. Adapun tempat yang kami kunjungi adalah Yushi Old House (Rumah tua Yushi). Ini adalah rumah seorang businessman kaya di China. Namun Yushi dan keluarganya harus mati dibunuh pada masa rezim China sebelum revolusi. Semua orang kaya di China hampir tak bersisa.

Miniatur Rumah Tua Yushi

Selanjutnya, saya pergi ke kota lama China. Sama seperti kota lama di Semarang, di sini terdapat bangunan-bangunan lama China yang kurang terawat dan menjadi hunian masyarakat. Namun sebagian dari bangunan yang merupakan bangunan utama telah direnovasi sehingga terlihat berdiri megah. Sepanjang jalan saya menyusuri kota ini, ada salah satu tempat yang menampilkan foto-foto orang pertama pendiri China (First president of China). Saya terkejut ketika melihat ada foto salah satu proklamator kita yang juga presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno, sedang bersalaman dengan presiden pertama China.
Kilas balik sejarah, mungkin kalian tahu dan pernah belajar tentang sejarah Indonesia pun bagaimana perjalanan Ir. Soekarno menjalin hubungan dengan negeri lain. Komunis yang sempat hadir dan ingin menguasai Indonesia, dan China adalah negara komunis. Foto ini mengingatkan saya tentang bagaimana perjalanan Indonesia memerangi komunis hingga sekarang ideologi kita tetap Pancasila. Foto ini salah satu bukti dari keterkaitan kita dengan China. Who knows?


Sebelumnya...                                                                                                                         Selanjutnya...

Article by :
Lidya Alvira
Mahasiswa Semester 6 FKM Undip
Peminatan Epidemiologi
Photo
Dokumen Pribadi
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.