Masukkan iklan disini!

[Review Buku] Hidup Apa Adanya : Diri Sendiri dan Pikiran-Pikiran

 

                                                                  Sumber: Gramedia.com

Hidup Apa Adanya merupakan buku pengembangan diri karangan Kim Suhyun yang juga menerbitkan karangan hits serupa lainnya, yaitu Nyaman Tanpa Beban. Buku yang berhasil menjadi best seller di negeri Ginseng ini secara sederhananya berisi kumpulan daftar hal-hal yang harus dilakukan dalam menjalani kehidupan yang baik dan nyaman. Keseluruhan isi buku yang relate dengan dinamika kehidupan orang-orang di berbagai penjuru dunia mampu membangkitkan antusiasme beribu pembaca hingga buku ini diterbitkan dengan beberapa versi terjemahan.

Hidup Apa Adanya akan membuka pemikiran pembaca tentang bagaimana pada dasarnya banyak orang juga merasakan apa yang selama ini menjadi keresahan kita. Tak hanya itu, penulis akan membawa pembaca lebih jauh untuk menyadari bahwa pendapat serta penilaian orang lain tidak akan mempengaruhi kebahagiaan pribadi kita. Pada akhirnya, Kim Suhyun bersama Hidup Apa Adanya mengajak pembaca untuk mulai mencintai diri sendiri, mencari nilai-nilai yang kita yakini benar, dan perlahan menerima segala proses kehidupan kita. Memahami diri sendiri, berdamai dengan apa yang terjadi, dan menjadi diri sendiri merupakan sedikit dari sekian banyak tips yang disajikan dalam buku ini. Akan tetapi, selain mencintai dan mencari kebahagiaan diri kita sendiri sesuai porsinya, penulis menyatakan bahwa berbagai upaya untuk menjadi diri sendiri itu tidak lantas mengesampingkan kita untuk tetap mengutarakan setiap perasaan termasuk rasa sedih maupun kecewa dengan sebagaimana mestinya. 

Yang terpenting dalam hidup itu, menemukan hal-hal yang tidak perlu dinilai dengan angka

              Sebanyak enam bab dalam buku ini akan membawa pembaca dalam perenungan atas segala kekhawatiran dan bagaimana pembaca menilai diri sendiri serta lingkungan di sekitarnya. Tak jarang, beberapa nasihat yang dicantumkan berhasil membuat pembaca melihat secara utuh tentang cara mereka memaknai kehidupan. Sentuhan ilustrasi dan bahasa sehari-hari yang digunakan mampu semakin menekankan segudang pemikiran Kim Suhyun sehingga setiap hal yang tertulis bisa tersampaikan dengan baik, tepat seperti apa yang diinginkan sang penulis. Secara umum, Hidup Apa Adanya dapat menjadi salah satu buku pengembangan diri andalan bagi seluruh kalangan masyarakat terutama remaja yang sedang berada dalam masa-masa pencarian jati diri (Petrina)

Pribadi yang tidak menyadari kemampuan dirinya sendiri akhirnya akan terus terseret dalam pandangan yang dibentuk oleh orang lain dan masyarakat hingga membuat harga dirinya tidak terbentuk

No comments