Masukkan iklan disini!

Press Release: Seminar Nasional Journalism Festival 2023

 

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi 


Sabtu (16/9) telah dilaksanakan Journalism Festival 2023 yang mengangkat tema Harta Karun Nusantara Dalam Diversitas Budaya di Gedung B dan C Fakultas Ilmu Politik dan Sosial, Universitas Diponegoro. Kegiatan ini merupakan grand final dari lomba KTI, yang diikuti oleh mahasiswa dan siswa SMA/SMK dari seluruh Indonesia. Semua rangkaian lomba diawali dengan registrasi peserta, pembukaan MC, pembacaan tata tertib, dan mekanisme presentasi. Untuk lomba KTI dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori mahasiswa dan kategori SMA. Pelaksanaan setiap cabang lomba dilakukan secara serentak di kelas masing-masing dan setiap tim diberikan waktu selama 40 menit untuk presentasi serta tanya jawab di mana para juri memberikan saran yang membangun terhadap karya peserta.


Selanjutnya, pada Minggu, 17 September, penutupan acara Journalism Festival 2023 dilangsungkan dengan meriah di Gedung Prof. Soedarto. Setelah acara dibuka dengan opening speech dari ketua pelaksana, rangkaian acara dilanjutkan dengan penampilan hiburan Paduan Suara Mahasiswa Undip. Acara dilanjutkan dengan penanyangan short movie tentang sejarah dan budaya berjudul "Wong Kalang" yang menjadi awalan revitalisasi masyarakat adat.


Selesai penanyangan, seminar berlanjut dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu Dr.Sukarjo Waluyo, S.S., M.Hum. yang merupakan Ketua Departemen Susastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro dan Yoyok Bambang Priyambodo seorang Budayawan dan Seniman Sanggar Greget Semarang. Dua pembicara ini dimoderatori oleh Heri Irfani seorang mantan reporter stasiun TV Trans 7. Setelah talkshow antar pembicara dan moderator berlangsung, moderator memberi kesempatan pada para peserta untuk menyampaikan pertanyaannya. Sesi tanya jawab berlangsung selama 30 menit dengan 3 orang penanya.


Menuju penghujung acara, Journalism Festival 2023 menghadirkan tamu spesial, yaitu Andovi Da Lopez. Andovi adalah Youtuber, komedian, dan aktor terkenal Indonesia. Karya-karyanya banyak merepresentasikan kecintaannya terhadap budaya Indonesia. Selain itu, sesi tanya jawab berlangsung sangat seru dan disambut dengan antusias tinggi dari para peserta. Di penghujung acara, sekaligus rangkaian paling akhir sebelum penutup, awarding dilakukan untuk memberikan perhargaan bagi para pemenang lomba. Penghargaan-penghargaan tersebut diberikan bagi pemenang lomba fotografi, videografi, serta KTI tingkat mahasiswa & siswa dari berbagai sekolah maupun universitas di seluruh Indonesia. Setelah kemeriahan penyerahan hadiah, acara ditutup dengan closing statement singkat dari MC.

No comments