Masukkan iklan disini!

Muladi Dome: Mengintip Kemegahan Ikon Baru Universitas Diponegoro

 

Sumber: Instagram @undip.official

Universitas Diponegoro baru saja meresmikan gedung serbaguna yang bernama Muladi Dome pada Jumat siang (5/4/2024). Gedung yang telah diresmikan oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. ini terletak di seberang SPBU Undip lebih tepatnya di Jalan Prof. Soedarto, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Muladi Dome memiliki arti sebagai penghormatan kepada Prof. Muladi atas jasanya yang telah mengawali mengangkat nama Undip sehingga bisa masuk dalam jajaran nasional dan internasional. Bentuk dari Muladi Dome ini terinspirasi dari “Besek” atau dikatakan “Berkat” dimana biasanya orang-orang mendapat berkat berisi makanan di acara pernikahan, pengajian, dll. Muladi Dome memiliki arti semoga setiap orang yang ada di gedung tersebut merasa mendapatkan berkah dari Allah SWT, serta merasa gembira dan bahagia karena hadir di dalam gedung tersebut.

Alasan dibalik berdirinya Muladi Dome ialah untuk menggantikan gedung serba guna yang sebelumnya sudah digusur. Tentunya gedung ini hadir kembali dengan kapasitas daya tampung warga undip yang lebih besar untuk berbagai kegiatan internal dan eksternal dengan berskala besar di Undip seperti ODM dan wisuda. Dimana setiap tahunnya mahasiswa baru di Undip terus meningkat dan tentunya membutuhkan tempat yang lebih besar lagi untuk berkegiatan dengan leluasa, nyaman, serta tanpa batasan waktu.

         Gedung yang berdiri pada lahan seluas 12.000 m2 itu memiliki 3 lantai yang digunakan sebagai lahan komersial dan kuliner, hall ballroom, dan tribun. Hall ballroom terdiri dari 3 hall kecil yang bisa dibuka menjadi 1 hall yang besar. Lantai 1 Muladi Dome memiliki beberapa ruangan seminar, co-working, belasan tenant, dan foodcourt. Lantai 2 Muladi Dome merupakan ballroom yang dilengkapi dengan 2 unit movable position, sehingga ballroom bisa dibagi dengan menjadi 3 bagian.  Rencananya acara akademik berskala besar seperti wisuda akan bertempat disini. Tribun terpisah di setiap hall berfungsi sebagai area tambahan untuk pengunjung. Gedung ini juga dilengkapi dengan area parkir yang terletak di basecamp gedung. Kapasitas yang dapat ditampung pada gedung Muladi Dome sebanyak 4000 orang. Tentunya Muladi Dome juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti APAR, toilet, hingga mushola. Terdapat pula eskalator dan lift yang bisa digunakan oleh penyandang disabilitas. (PHTV PH’24)

 

 

Sumber :

[https://www.gemakeadilan.com]

No comments