Masukkan iklan disini!

Mencegah Diabetes yang Bisa Diterapkan Sejak Dini guna Memperingati Hari Diabetes Nasional

 

Sumber: Google

Hari Diabetes Nasional selalu diperingati pada tanggal 18 April yang diresmikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia guna menyadarkan masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes. 


    Dikutip dari World Health Organization (WHO) diabetes merupakan penyakit metabolik yang terjadi ketika terdapat kadar gula yang tinggi pada tubuh, namun tidak dapat dipergunakan secara maksimal oleh tubuh. Diabetes dapat dikatakan sebagai kondisi yang termasuk dalam kategori penyakit kronis berbahaya, terutama jika sudah terjadi komplikasi.


    Adapun beberapa pencegahan diabetes yang dapat diterapkan sejak dini, guna mencegah lebih awal dari resiko diabetes, diantaranya yaitu:


  1. Rutin Berolahraga

 

Cara mencegah diabetes melalui rutin berolahraga dapat meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik, sehingga bisa terhindar dari penyakit diabetes. 

 

  1. Menjaga Berat Badan tetap Ideal

 

Obesitas merupakan salah satu penyebab utama dari diabetes. Hal ini karena obesitas mengganggu kerja metabolisme sehingga sel tubuh tidak mampu merespon insulin secara optimal. Maka dari itu, menjaga berat badan tetap ideal menjadi salah satu cara mencegah diabetes secara alami. 

 

Salah satu cara untuk Menjaga berat badan tetap ideal sehingga terhindar dari obesitas, bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan karbohidrat dan gula yang masuk dalam tubuh.

 

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

 

Cara mencegah diabetes sejak dini juga harus disertai dengan penerapan pola makan yang sehat. Cobalah untuk mengurangi makanan cepat saji, bergula tinggi dan berlemak. Mulailah memilih makanan dengan kandungan nutrisi tinggi, seperti protein, serat dan vitamin. Selain itu, perhatikan juga porsi makanan untuk mengurangi asupan kalori pada tubuh. 


  1. Melakukan Pengecekan Gula Darah Secara Berkala

 

Pemeriksaan gula darah secara berkala diperlukan untuk melihat nilai kadar gula darah dalam tubuh. Dengan melakukan pengecekan rutin, Kamu dapat memonitor kondisi kadar gula dan mendeteksi penyakit diabetes lebih dini. Namun, jika Kamu memiliki riwayat diabetes serta risiko tinggi terkena, maka dianjurkan melakukan pemeriksaan lebih sering. 

 

  1. Mengelola Stress

 

Ketika stress, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Karena itu, salah satu cara mencegah diabetes salah satunya dengan mengelola stres secara baik. Oleh karenanya, Kamu perlu latihan mengelola stres untuk menunjang kesehatan tubuh.

 

  1. Rajin Minum Air Putih

 

Cara mencegah diabetes di usia muda juga bisa dimulai dengan menghindari minuman manis. Hal ini mengacu pada risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun yang bisa menyerang orang dewasa akibat mengonsumsi minuman manis berlebihan.

 

  1. Mempertahankan Kadar Vitamin D secara Optimal

 

Mengoptimalkan kadar vitamin D dalam tubuh bisa menjadi cara mencegah diabetes karena vitamin ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Dengan begitu, risiko resistensi insulin akan menurun. Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi diantaranya yaitu ikan salmon, yogurt dan buah-buahan seperti alpukat. 

 

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

 

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penyakit diabetes tipe 2 banyak dialami oleh perokok. Jika seseorang aktif merokok, dia memiliki risiko diabetes lebih tinggi sebesar 44% daripada yang bukan perokok. Risiko tersebut dapat meningkat sebesar 61% apabila konsumsi rokok mencapai lebih dari 20 batang per hari. 

 

Nah, itu dia beberapa cara mencegah diabetes yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Apabila kamu memiliki riwayat keturunan diabetes, maka upaya pencegahan harus dilakukan sejak awal. Salah satu langkah penting adalah dengan memeriksakannya secara berkala ke dokter. 


Cegah sejak dini sebelum terlambat! 

Selamat hari Diabetes Nasional teman-teman!


(Via & Haura)


No comments