Masukkan iklan disini!

6 Kebiasan Sehari-hari Penyebab Gigi Kuning yang Sering Diabaikan


Sumber : freepik


Gigi kuning membuat kurang percaya diri saat tersenyum. Terkadang sudah rajin gosok gigi, tapi gigi tetap kuning. Jika begitu, mungkin karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan tanpa sadar. Untuk itu, yuk kenali penyebab gigi kuning dan tips cara mengatasinya.

Perlu kamu ketahui, warna alami gigi manusia bukanlah yang putih cemerlang seperti susu atau porselain. Akan tetapi, gigi alami manusia cenderung berwarna putih kekuningan. Warna putih kekuningan tersebut bisa disebut lapisan enamel. Apabila lapisan ini terkikis saat menyikat gigi terlalu keras, sering makan makanan asam, minum kafein terlalu banyak, dan sebagainya. Lapisan dentin akan terekspos. lapisan dentin ini lapisan tengah enamel yang berwarna kuning. Hal inilah yang membuat gigi kamu berwarna kekuningan.

Penyebab gigi kuning sangat beragam, bisa disebabkan karena faktor genetik dan akibat dari penyakit tertentu. Selain itu, kebiasan sehari juga turut andil besar menyebabkan gigi kuning. Beberapa keseharian yang menyebabkan gigi kuning, yakni:

1. Jarang sikat gigi. 
Jika tidak rutin menyikat gigi atau melakukan flossing dan berkumur untuk menghilangkan plak tentu akan menyebabkan gigi kuning atau lebih buruk.

2. Konsumsi makanan dan minuman tertentu
Minuman seperti kopi, teh, kunyit, wine, minuman energi, soda, dan minuman kafein dapat menyebabkan gigi kuning. Kebiasaan tradisional menyirih juga bisa meninggalkan noda. Kemudian, konsumsi makanan dan minuman mengandung pewarna buatan dan tinggi gula juga dapat menyebabkan masalah perubahan warna gigi. Konsumsi buah berwarna pekat, seperti blueberry, tomat, blackberry, ceri, anggur, dan delima dapat meninggalkan noda di gigi.

3. Sikat gigi terlalu keras
Hal ini akan merusak lapisan enamel dan mengekspos lapisan dentin yang berwarna kuning.

4. Merokok
Kandungan dalam rokok seperti tartar dan nikotin akan mempengaruhi warna gigi. Semakin lama menghisap asap rokok, warna gigi akan semakin pekat. Sama halnya seperti rokok biasa, rokok vape pun dapat mengubah warna gigi.

5. Obat kumur
Terlalu sering menggunakan obat kumur ternyata tidak baik lho. Penggunaan obat kumur yang berlebih mengakibatkan mulut kering dan merusak email gigi.

6. Konsumsi suplemen, antibiotik, dan jenis obat-obatan lain yang menimbulkan efek perubahan warna pada gigi.


Cara Mengatasi Gigi Kuning:

· Kurangi konsumsi teh, kopi, dan soda.
· Saat menyikat gigi perhatikan beberapa hal, seperti pasta gigi, lama waktu menyikat gigi, dan sikat dengan lembut. Rutin menyikat gigi 2 kali sehari dan gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Waktu ideal untuk menyikat gigi adalah 2 menit. Gunakan sikat gigi yang berbulu halus dan lembut, serta sikat dengan pelan.

· Minum menggunakan sedotan.

· Konsumsi air putih setelah makan dan minum.

· Konsumsi susu setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam. Hal ini karena susu akan mentralkan makanan dan minuman asam.

· Mengonsumsi buah dan sayur tinggi air. Buah dan sayur tinggi air mampu membantu membersihkan gigi dari plak dan bakteri penyebab gigi kuning.

· Berhenti merokok.

· Periksa rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Nah, sudah lebih paham bukan apa saja penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Yuk, terapkan pola kebiasaan yang sehat untuk gigi yang sehat! (Yuninda Fairuz Syifa)

Sumber:

https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/gigi-kuning/

https://www.alodokter.com/hentikan-kebiasaan-pemicu-gigi-kuning

No comments