Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Dibalik Akun “Menangkan Kotak #2” saat Pemiltas FKM Undip 2019



(Doc Google)

Bulan November merupakan bulan dimana sangat ramai tentang pemilihan umum fakultas. Pada pemiltas FKM Undip terdapat satu pasangan calon ketua BEM dan wakil ketua BEM yaitu Ayu Puspitasari dan Eva Muliana. Dikarenakan hanya terdapat satu pasangan calon, maka terdapat tim pro dan kontra sehingga memunculkan adanya akun “Menangkan Kotak #2” di media sosial Line yang kontra terhadap pasangan calon nomor urut satu.
Berdasarkan pada hasil wawancara dengan admin akun “Menangkan Kotak #2”, yang dibentuk tahun 2017 karena keresahan dimana angkatan 2015 yang mencalonkan diri untuk Ketua BEM dan wakil ketua BEM hanya ada satu pasangan calon. Akun ini dibentuk untuk meramaikan pemiltas pada tahun tersebut. Selain itu, pembentukan akun ini juga didasari oleh kecintaan terhadap kampus ungu.
Fenomena kotak kosong kembali terjadi di tahun 2019 ini. Hal itu membuat akun “Menangkan Kotak #2” kembali muncul ke permukaan dengan tujuan tak lain untuk membuat anak FKM sadar akan sekitarnya. Akun ini merupakan akun pencerdasan informal. Narasumber memberikan pesan bahwa kampus ungu sedang tidak baik-baik saja. Permasalahan kaderisasi terakumulasi sampai saat ini dengan bukti minimnya kontestasi dalam pemiltas tahun ini.
Narasumber yakin bahwa musyawarah besar mahasiswa adalah salah satu wujud solusi untuk menyelesaikan keresahan dan permasalahan yang belum terselasaikan. Kehadiran Official Account ini bukan semata-mata ingin mencaci atau menjatuhkan pihak tertentu, tetapi kritikan secara bebas dengan pemikiran luas tanpa intervensi. Narasumber Official Account tersebut mengajak mahasiswa FKM untuk bisa berdiskusi dan berdinamika pada mimbar musyawarah FKM untuk mencari solusi dari permasalahan bersama.(P)


No comments