Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Tips Sehat saat Berpuasa di Bulan Ramadhan




Source: lifezette.com

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dimana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Sehingga, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan ya. Dari ibu rumah tangga, para pekerja, anak sekolah, hingga mahasiswa sebaiknya menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Kita harus pintar-pintar mengatur waktu, terutama jam istirahat, supaya lancar berpuasa. Bahkan, kita bisa lebih produktif jika menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang benar selama puasa. Gak percaya? Coba terapkan tips berikut agar kuliah kamu optimal walaupun berpuasa.

1.      Mengatur Pola Tidur
Saat Ramadhan, pola tidur orang berpuasa berubah. Mereka akan bangun lebih pagi untuk sahur. Peneliti obat tidur di Standford University dan University of California, Cheri Mah pada laman Times, (10/6/2015) mengungkapkan, hal paling esensial yang perlu kamu lakukan untuk menuju hidup sehat adalah mengubah pola tidur. Nah, jika biasanya kamu baru tidur di atas pukul 11 malam, maka cobalah tidur pada jam 9 malam. Sementara durasi tidur malam idealnya adalah sekitar tujuh jam seperti yang disarankan oleh National Sleep Foundation. 

2.      Memperbaiki Pola Makan saat Sahur dan Berbuka
Mahasiswi University College London, Kam, memiliki kiat utama dalam berpuasa. Kuncinya adalah persiapan makan. Ia mengatakan The British Nutrition Foundation (BNF) merekomendasikan makan sahur yang penuh dengan cairan, karbohidrat kompleks, protein dan serat, serta minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Jika sebelumnya kamu terbiasa makan tiga kali sehari dalam porsi banyak, maka mulailah usaha untuk menjaga asupan makanan. Contohnya karbohidrat. Zat ini sangat penting karena berfungsi sebagai sumber energi selama menjalani puasa nanti. Untuk mendapatkannya, Kamu bisa mengkonsumsi gandum, beras, atau produk gandum lainnya. 
Selain itu, makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, telur, ikan, ayam dan daging juga perlu untuk dikonsumsi. Selanjutnya, kamu tinggal menyeimbangkan dengan sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.
Lengkapi dengan susu karena nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantumu mendapatkan tubuh yang fit meski dalam kondisi puasa seharian. 
Terakhir, terapkan resep minum air 2-4-2 gelas, yaitu Dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur, dua gelas saat sahur bisa diterapkan supaya tubuh tak mudah lemas, dan wajah tetap berseri.

            3. Tetap Berolahraga Meskipun Berpuasa
Meskipun puasa, mulailah membiasakan diri untuk berolahraga. Namun pada saat puasa, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan yang tak menghabiskan banyak energi, misalnya jalan santai, jogging, atau bersepeda.   Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan kamu siap menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. (Namira Putri Azzahra)






No comments