Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

PRESS RELEASE : Diskusi Pimpinan FKM Undip dengan Perwakilan ORMAWA FKM Undip


 
(Sumber : Dokumen Pribadi)
Audiensi antara pimpinan FKM dengan ORMAWA FKM Undip diselenggarakan oleh dekanat pada 30 April lalu. Dalam audiensi ini, terdapat beberapa pembahasan penting mengenai keberjalanan ORMAWA.

Pada penghujung bulan April 2019 ini Pimpinan FKM Undip mengadakan audiensi dengan ORMAWA FKM Undip. Kegiatan yang berlokasi di Gedung E FKM Undip ini dimulai pada pukul 09.55 WIB. Walaupun acara terlambat dimulai dari jam yang tertera diundangan, namun acara tetap terlaksana tanpa hambatan. Acara yang diselenggarakan pihak dekanat FKM ini dibuka dengan wejangan untuk memulai acara dengan tepat waktu dan dengan pemberitahuan jauh-jauh hari sebelumnya yang disampaikan oleh wakil dekan satu yaitu Henry. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dekan FKM Undip Dr. Budiyono S.KM., M.Kes. Acara dilaksanakan dengan mekanisme diskusi antar mahasiswa dengan Civitas akademika FKM Undip. 
Beberapa pembahasan yang didiskusikan selama kegiatan berlangsung, antara lain;
1. Kegiatan mahasiswa yang diharapkan lebih bersifat prestatif.

Bahasan ini berangkat dari permasalahan menurunnya jumlah PKM perwakilan dari FKM Undip yang lolos pendanaan Pimnas pada tahun ini. Sehingga harapan para Tenaga pendidik (Tendik) bahwa kegiatan-kegiatan mahasiswa lebih memberikan dampak positif bagi alamamaternya.

2. Dana kegiatan ORMAWA.

Bahasan ini berkaitan dengan bahasan pertama, dimana hampir setiap kegiatan memerlukan dana. Pihak tendik memberikan kejelasan mengenai dana kegiatan untuk ORMAWA bahwa mengapa dana tersebut tidak mengalami  kenaikan dari tahun 2008 karena  sudah ditetapkan dan tidak ada campur tangan pihak dekanat dalam penetuan jumlahnya. “Pagu kitakan tetap” tutur Dekan FKM Undip. Disini beliau juga menjelaskan untuk pembagian dana seharusnya bisa dialokasikan sesuai kebetuhan. Yuli salah satu dosen juga menyarakan untuk diadakannya transparansi alokasi dana untuk kegiatan ORWAMA di FKM Undip.

3. Hak milik lapangan voli dan warisan fakultas psikologi yang lain yang menjadi perebutan antara FKM dengan FK.

Pembahasan ini diangkat karena latar belakang adanya permasalahan penggunaan lapangan voli tersebut. “Ketika sportyca ada latihan rutin ada bentrok dengan FK, FK bilang itu sudah hak milik FK", tutur Cika selaku ketua UKMF Sportyca. Tanggapan dari Suyatno selaku perwakilan dari pihak dekanat berkata "kesepakatan yang telah dilakukan dengan dekanat FK bahwa mushola dan property dekanat psikologi yang lama menjadi milik FK yang nantinya akan menjadi Gedung untuk Prodi FKG, sedangkan lapangan voli menjadi ruang terbuka Undip, bukan milik salah satu fakultas. Sehingga untuk penggunaan lapangan tersebut bebas untuk siapa saja yang ingin menggunakannya." jelasnya.

4. Jam malam kegiatan di lingkungan FKM Undip.

“Dalam rangka meningkatkan keamanan di sekitar FKM Undip, bahwa penggunaan ruangan untuk kegiatan perkuliahan maksimal pukul 18.00 WIB dan untuk kegiatan diskusi maksimal pada pukul 21.00 WIB.” ujar Budiyono selaku Dekan FKM Undip menegaskan.

5. Controlling forum di FKM Undip

Seperti yang diketahui bahwa FKM Undip selain memiliki UKMF juga memliki forum peminatan. Namun, Yusniar salah satu dosen dan juga salah satu penanggung jawab forum peminatan menanyakan kebingungannya atas bagaimana pengendalian dari forum di FKM Undip. Hal ini berlandaskan dari beberapa laporan terkait terganggunya aktivitas akademik seperti PBL akibat tugas ospek peminatan yang diberikan ke peserta magang forum peminatan. Tanggapan juga diberikan dari Budiyono bahwa “Jangka pendeknya kegiatan itu (kegiatan peminatan) jangan sampai berbenturan dengan kegiatan akademik.”

6. Peminjaman ruangan FKM Undip di hari minggu untuk kegiatan mahasiswa.

Penjelasan dari Tenaga Pendidik mengenai keresahan dalam peminjaman ruangan di Hari Minggu karena ketidaktanggungjawaban mahasiswa dalam peminjaman ruangan tersebut. Namun, ditetapkan Hari Minggu diperbolehkan untuk peminjaman ruangan di Gedung FKM Undip dengan syarat pemeliharaan ruangan tersebut selama pemakaiannya. Seperti, membuang sisa-sisa kegiatan langsung ke TPS terdekat. Hal tersebut diikat dengan pembuatan SOP pertanggung jawaban peminjaman ruangan di lingkungan FKM Undip.

7. Pengadaan acara awarding

Perwakilan ORMAWA mengajukan bahwa untuk diadakannya Penampilan bakat mahasiswa FKM Undip dalam rangka apresiasi akan bakat-bakat mahasiswa FKM Undip. Rencana kegiatan akan dilaksanakan pada akhir kepengurusan organisasi. Suyatno sebagai perwakilan dekanat merespon positif jika dirasa kegiatan tersebut memiliki dampak positif bagi mahasiswa.

Diskusi ini diakhiri pada pukul 12.30 WIB dengan agenda terakhir sosialisasi mengenai sistematika pengajuan LPJ dan SPJ yang dipimpin oleh Ibu Tatiek selaku Kasubag Kemahasiswaan. (Ciprip)

No comments