Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Perkaya Kompetensi Ilmu K3 dengan Training Sistem Manajemen K3


(Sumber : Dokumen Pribadi)

Pada Sabtu (09/03) telah diselenggarakan acara Training K3 Sistem Manajemen K3 Sektor Migas, Geothermal, Pertambangan, dan Kontruksi yang bertempat di Hall D Gedung D FKM Undip yang berlangsung mulai pukul 07.00-17.30 WIB. Acara yang diselenggarakan oleh OSH Forum  FKM Undip ini merupakan salah satu kegiatan dari Rangkaian Peringatan Bulan K3 dan bekerja sama dengan Ikatan Alumni K3 dalam bentuk Alumni Mengajar yang rutin dilaksanakan setiap tahun. OSH Forum juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan di berbagai sektor seperti Kideco, Pertamina, WIKA REALITY, Adhi Karya dan Geo Dipa Energi.
Tujuan dari Training K3 ini adalah memberikan kompetensi ilmu K3 yang nantinya akan sangat bermanfaat di dunia kerja. Bentuk training ini dikemas dalam bentuk pelatihan teori dan praktik yang diberikan oleh para trainer berpengalaman di sberbagai sektor K3 yang berbeda. Trainer dari sektor adalah migas Dwi Indriyani, SKM selaku senior HSSE Analyst PT.PERTAMINA EP dan Retno Kamila M., SKM HSE Coordinator PT Seascape  Surveys Indonesia (Subsea Services). Trainer dari sektor geothermal adalah Imam Dwi Pramono, SKM. selaku HSE Staff PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng. Trainer dari sektor pertambangan adalah Rezkiyantra Fajar S., SKM selaku Safety Officer [Corporate Management System] PT. Kideco Jaya Agung Mine Site, Kalimantan Timut. Trainer dari sektor konstruksi adalah Beni Arip Sutopo, SKM. selaku SHE Officer PT WIKA REALITY, Kevin Yusdhistira P.,SKM. selaku QSHE SPV Dept.Luar Negeri PT Wijaya Karya [Persero] Tbk, dan Marina Kartikawati., SKM., MKKK selaku Senior Staff Biro QSHE Dept.Gedung PT Adhi Karya [Persero] Tbk.
Acara ini dimulai dengan Safety Induction yang diperagakan oleh OSH Forum FKM Undip dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Undip, Mars FKM Undip dan Mars OSH Forum. Tidak lupa pula sambutan dari Ketua Panitia Fahmi Aditya, dilanjut dengan sambutan oleh Bina Kurniawan,SKM, MKes selaku Ketua Bagian K3 serta sambutan oleh Dekan FKM Undip Budiyono,SKM,MKes. Setelah sambutan oleh berbagai pihak terkait dilanjutkan ke acara inti yaitu pembagian kelas peserta sesuai dengan sektor yang telah dipilih sebelumnya melalui form online yang dibagikan.
Jumlah peserta yang mengikuti Training K3 ini  sebanyak 158 orang. Dengan rincian dari sektor migas sejumlah 60 peserta, sektor konstruksi sejumlah 60 peserta, sektor tambang sejumlah 20 peserta dan sektor geothermal sejumlah 18 peserta.
Dengan adanya acara ini, harapannya ilmu-ilmu yang diberikan oleh para trainer yang sudah berpengalaman akan menjadi bekal para peserta yang nantinya akan bekerja sesuai dengan konsentrasinya masing-masing, terutama di sektor K3. Karena pada hakekatnya keselamatan dan kesehatan merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan dimanapun kita berada, Safety First! (Afifah Afanin Zulfa dan Farah Azzahra Anggraini)

No comments