Duta Anti Rokok: Wujudkan Generasi Penerus Bangsa Tanpa Rokok

sumber: Gerbang Tio Company
Prevalensi konsumsi rokok pada kalangan anak-anak cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan data RISKESDAS dalam Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI (2013), yang menunjukkan prevalensi perokok yang dimulai sejak umur 5-9 tahun mengalami peningkatan sebanyak tiga kali lipat dari 0,6% pada tahun 1995 menjadi 1,7% pada tahun 2010. Menurut Global Youth Tobbaco Survey (GYTS) WHO dalam Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI (2013) pada tahun 2014, jumlah anak-anak yang pertama kali mencoba merokok pada usia < 7 sampai 9 tahun sebanyak 50,7% dengan jumlah laki-laki sebanyak 18,2% dan jumlah perempun sebanyak 32,5%.
Hal tersebut sangatlah disayangkan dikarenakan  generasi muda merupakan generasi yang akan meneruskan bangsa kitan dan seperti apa suatu bangsa nantinya itu tergantung seperti apa generasi muda yang akan mewarisinya. Melihat permasalahan tersebut Mahasiswi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Irma Ni’matus Sholikhah, Noor Dhyana Muftiani, Niken Kusumaningrum, Avinda Deviana, dan Anastariva Ambar Vianingsih yang di bimbing oleh Ns. Artika Nurrahima, S.Kep., M.Kep mengadakan suatu program pengabdian masyarakat GERBANG TIO (Generasi Penerus Bangsa Anti Rokok)  sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan rokok usia dini. Program ini dilaksanakan di SD Al Huda Semarang. 
Program ini merekrut 55 duta anti rokok yang nantinya bertugas untuk menginformasikan terkait rokok mulai daei kandungan bahaya serta dampak apabila mengkonsumsi rokok.
Sebelum terjun ke lapangan Duta anti rokok yang sudah dipilih akan diberikan pelatihan sebanyak 4 kali dengan materi seputar rokok dan demonstrasi komunikasi dalam menyampaikan informasi terkait rokok  dengan teman sesama Duta anti rokok juga dilaksanakan.  
Setelah semua pelatihan selesai duta anti rokok sudah mulai terjun kelapangan. Tentu saja duta tidak terjun begitu saja mereka sudah dibekali buku komik Gerbang Tio dan Buku Aksi Gerbang Tio untuk membantu mereka. Buku Komik Gerbang Tio berisi tentang materi yang telah disampaikan kepada duta anti rokok  yang sudah dikemas dalam bentuk komik, sedangkan Buku Aksi Gerbang Tio berisi catatan tentang kegiatan kegiatan duta  selama terjun ke lapangan. Duta anti rokok ini tetap akan dipantau selama 2 minggu sekali oleh Tim PKM-M. Setelah semua kegiatan dilaksanakan akan dilaksanakan evaluasi program melalui observasi selama pemantauan dan hasil dari Buku Akasi Gerbang Tio. (Gerbang Tio Company)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.