Tumbuhkan Iklim Imiah dengan PHPC

Photo : PIRC
Public Health Paper Competition (PHPC) merupakan sebuah kompetisi yang diadakan oleh Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP, dengan panitia teknisnya dari UPK Penalaran Ilmiah Research Club (PIRC) FKM UNDIP. PHPC ini diadakan dengan tujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah serta memotivasi mahasiswa agar terus bersemangat dalam menulis karya ilmiah. Output dari kompetisi PHPC yaitu diterbitkannya Jurnal Ilmiah Mahasiswa tahun 2015. Dengan mengambil tema Pembangunan Kesehatan Guna Revitalisasi Bangsa Indonesia, banyak bermunculan ide kreatif dari mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tim yang mendaftarkan papernya kepada panitia. Hal ini membuktikan bahwa iklim ilmiah di kalangan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat sangat baik.
PHPC terdiri dari dua tahap, tahap pertama merupakan tahap seleksi paper dimana tiap tim yang beranggotakan maksimal 3 mahasiswa mengirimkan paper mereka ke panitia PHPC. Kemudian oleh panitia, paper tersebut diserahkan kepada 3 dewan juri yaitu Yudhy Darmawan, SKM., M.Kes, Budiyono, SKM., M.Kes, dan Niki Astorina, SKM., M.Kes Kes untuk diseleksi menjadi 10 besar. Tahap selanjutnya adalah presentasi yang diikuti oleh 10 tim yang lolos dalam 10 besar.
Tahap presentasi atau final PHPC dilaksanakan pada Senin, 27 April 2015 pukul 13.00 WIB bertempat di gedung E Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Final PHPC menghadirkan 10 besar finalis yang kemudian mempresentasikan karya tulisnya di depan para juri dan peserta lain. Juri pada tahap presentasi sedikit berbeda dengan juri pada tahap seleksi paper yaitu Yudhy Darmawan, SKM., M.Kes, Budiyono SKM., M.Kes, dan Faris Gustomi Salim (Kepala Bidang Penalaran Keilmiahan BEM UNDIP). Melalui tahap presentasi akan dihasilkan 3 besar sebagai juara 1, 2, dan 3.
Final Public Health Paper Competition berlangsung sangat seru. Setiap tim diberi waktu 20 menit untuk presentasi dan tanya jawab. Dalam memaparkan isi karya tulisnya, masing-masing tim mempunyai gaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, juri PHPC melarang tim yang telah melakukan presentasi untuk meninggalkan ruangan. Alasannya dengan melihat presentasi orang lain, secara tidak langsung kita akan belajar mengenai cara presentasi yang baik dan benar. Acara final PHPC berakhir dengan lancar tanpa ada hambatan. Pemenang PHPC akan diumumkan selambat lambatnya seminggu setelah presentasi.(PIRC)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.