Kolaborasi untuk Bekal Menulis

Photo : PH
Kemahiran menulis adalah salah satu keahlian umat manusia yang paling penting. Bahkan tulisan diyakini sebagai salah satu unsur utama pembentuk peradaban manusia saat ini. Dalam kehidupan modern, pada hakekatnya tidak seorangpun yang bisa mengelak dari tulisan (Pardede, P 2010). Puisi, novel, dan jurnal merupakan beberapa contoh keanekaragaman bentuk tulisan.
Pentingnya menulis, mendorong LPM PH yang berkolaborasi dengan PIRC untuk mengadakan kegiatan pelatihan PAIP (Penulisan Artikel Ilmiah Populer). Pelatihan yang dilaksanakan pada Selasa, 26 Mei 2015 ini dihadiri oleh sekitar 60 orang peserta dari dalam maupun luar FKM yang berkumpul di gedung E FKM Undip. Seperti yang diutarakan salah satu pembawa acara, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tentang artikel ilmiah, lebih tepatnya artikel populer atau artikel yang mudah dipahami oleh hampir seluruh kalangan. Kegiatan dengan jargon “show up your article, get more experience, we can!” dibuka pada pukul 14.00 dengan sambutan perwakilan PIRC, Febrianto, perwakilan LPM PH, Shallichah Talita dan ketua PAIP, Nurfida Pratomo Putri.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai penulisan artikel ilmiah oleh Dr. Erma Prihastanti, M.Si. Bu Erma, begitulah panggilan akrabnya,  merupakan dosen Fakultas Sains dan Matematika atau FSM UNDIP, selain memberi penjelasan mengenai artikel ilmiah, beliau juga memberi motivasi dan tips bagi peserta yang merupakan mahasiswa, untuk dapat menulis artikel ilmiah dengan baik. Ibu dengan segudang prestasi baik di dalam maupun luar negeri ini menambahkan bahwa dalam menulis perlu ada motivasi dan tujuan, “saya menulis supaya ada prestasi atau karya yang dapat dicantumkan ketika saya menjadi pembicara”, candanya. Dosen yang seringkali menjadi pembimbing mahasiswa dalam pembuatan karya ilmiah ini tidak segan meladeni antusias peserta dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Selain mendatangkan Dr. Erma Prihastanti, pembicara kedua pun didatangkan dan  tak kalah handal dengan pembicara sebelumnya. Achmad M. Akung atau yang akrab dipanggil Kang Akung, bapak dari tiga orang anak yang telah menyelesaikan S2 di Fakultas Psikologi UGM dengan gelar cumlaude mengawali sesi dengan menampilkan karyanya berupa sebuah puisi yang dibacakan oleh salah satu peserta sebagai salah satu contoh penulisan. Ia menggaris-besarkan tentang kemana dan kepada siapa sebuah artikel dibuat, dan akan mengantarkan bagaimana artikel tersebut dibuat. Keseruan sesi pemaparan harus berakhir dan dilanjutkan dengan tanya jawab bersama peserta. Acara diakhiri dengan simulasi penulisan artikel yang diikuti seluruh peserta pelatihan dan selesai pada pukul 17.30. Harapan dari kegiatan pelatihan PAIP ini, peserta tidak hanya mengetahui penulisan artikel ilmiah, namun juga mampu menulis dengan baik. Seperti yang diungkapkan Kang Akung, “tidak harus hebat untuk memulai, tapi anda akan jadi orang hebat setelah lama memulai”. (Santya)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.