Header Ads

ad

Mahasiswa Undip Berdayakan Ibu Rumah Tangga dengan Bratasena

Photo : Pribadi
Lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro memberdayakan ibu-ibu di Kelurahan Pedalangan melalui Program Bratasena (Program Pemberdayaan Wanita Wirausaha Sampul Daur Ulang Berbahan Dasar Limbah). Program ini merupakan implementasi dari program PKM-M (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdiankepada Masyarakat) yang telah mendapatkan dana
hibah dari dikti. Program pengabdian ini telah dilaksanakan sejak bulan April 2014 di rumah salah satu ibu anggota program Bratasena ini di jalan Mulawarman Barat II RT 04 RW IV, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Semarang.
“Ibu-ibu tersebut merupakan mantan pegawai di pabrik garmen, sehingga ibu-ibu tersebut telah memiliki keterampilan untuk menjahit. Kami tinggal mengarahkan dan mengajari untuk membuat produk yang bernilai tinggi, cara pemasaran, dan organisasi,” ungkap Jeany selaku ketua dari tim PKM-M ini. (13/07). Dalam program ini, ibu-ibu diarahkan untuk mengolah limbah MMT. MMT diplilih karena jumlahnya melimpah di Tembalang yang notabene daerah yang terdapat beberapa kampus yang ketika melaksanakan suatu kegiatan. Limbah MMT dapat diolah menjadi tas laptop, dompet, sarung handphone, sampul buku, dan tas mukena.
“Harapan kami setelah program ini dilakukan, ibu-ibu tersebut dapat menjalankan suatu usaha membuat produk dari bahan limbah MMT secara mandiri, sehingga mereka dapat menambah penghasilan keluarga mereka. Kami sangat salud dengan semangat ibu-ibu tersebut dalam menjalankan program ini. Harapannya, akan ada ibu-ibu lainnya yang dapat bergabung dengan kelompok ini,” lanjut mahasiswi FKM angkatan 2012 ini (13/07). Produk dari program ini telah dipasarkan oleh ibu-ibu tersebut melalui media sosial dan dititipkan di toko-toko. Ibu-ibu ini juga menerima pemesanan produk dan menerima pengiriman ke luar kota. (isap)

No comments