Gladi Bersih Pimnas ke-27

Photo : PH
Tepat satu hari sebelum pelaksanaan upacara pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27, Universitas Diponegoro (Undip) selaku tuan rumah melakukan kegiatan gladi bersih di area Widya Puraya Undip pada Senin (25/08). Kegiatan tersebut dilakukan setelah dilaksanakan kegiatan gladi kotor upacara pembukaan Pimnas ke-27 di tempat yang sama pada Minggu (24.8). Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan tuan rumah dalam pelaksanaan upacara pembukaan Pimnas ke-27. Gladi bersih merupakan latihan terakhir yang terdiri dari rangkaian kegiatan awal sampai akhir upacara pembukaan Pimnas ke-27, diantaranya adalah sambutan dari pihak Rektor Undip, Gubernur Jawa Tengah, Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan RI, serta pertunjukan tari.
Pertunjukan tari menjadi satu hal yang menarik, karena terdiri dari beberapa tarian daerah, seperti tari Lenggok, Aceh, Umbul-umbul, Soreang, dll. Menurut Dra. Retno Nur Kadarwati, selaku Kabag Minarik, para penari telah mempersiapkan pertunjukkan tersebut selama empat bulan terakhir. Mereka terdiri dari perwakilan tiap fakultas serta mengikutsertakan UKM didalamnya, yaitu UKM Karate. Tema pertunjukan tari yang akan ditampilkan adalah “Merajut Spirit Diponegoro”.

Kesiapan Undip sebagai tuan rumah
Tema Pimnas tahun ini adalah “Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinekaan” dengan maskot “Mas Pim” yang melambangkan Pangeran Diponegoro masa kini. Pimnas ke-27 ini akan dilaksanakan pada tanggal 26-29 Agustus 2014 bertempat di Undip. Undip sendiri telah menyiapkan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pimnas ke-27. Kesiapan tersebut diutarakan oleh Pembantu Rektor III, Dr. Warsito, SU., saat kegiatan gladi bersih di Widya Puraya(25/08). “Sejak Undip ditunjuk sebagai tuan rumah kita langsung mempersiapkan teman-teman untuk menginvetarisasi kegiatan apa saja yang harus dilakukan, lalu kita bentuk panitia,” ungkapnya.
Sebagai tuan rumah, Undip selalu berkoordinasi dengan Dikti setiap bulan, diantaranya dalam pembubatan buku panduan Pimnas serta penyusunan acara. Dalam pelaksanaan Pimnas ke-27, dijalin kerjasama dengan mitra diantaranya IKA Undip, serta kerjasama dengan Jasa Marga, Bank Mitra, Telkomsel, Akpol, ISI, dll.
Saat ditanya mengenai kendala dalam persiapan Pimnas ke-27, Warsito mengatakan bahwa pasti ada kendala, hanya saja selalu dicarikan solusi untuk mengatasinya. “Targetnya ya semoga sukses penyelenggaraan Pimnas ke-27nya dan juga hasilnya. Kalau untuk Undip harus lebih baik dari tahun kemarin,” tegas Warsito di akhir wawancara.(Novi S.)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.