Masukkan iklan disini!

"Healthy Beginnings: FKM Newbies Go Go Go!"

 

Sumber : ( radioidola.com )

 

Hai, dips!

Selamat datang di Kampus Ungu, kampus yang penuh sisi terang tapi banyak juga lika-likunya! Senang sekali rasanya bisa melihat wajah-wajah baru yang penuh semangat menjadi bagian dari keluarga besar FKM. Sebagai sebuah keluarga, kami dengan tulus menyambut kalian, mahasiswa baru FKM!

Apa sih Kesehatan Masyarakat itu?

Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah bidang studi yang fokus pada cara mengedukasi, memperkenalkan, mempromosikan, serta mencegah penyakit. Dalam definisi ini, sudah terlihat perbedaan antara FKM dengan ilmu kedokteran dan keperawatan, dimana Kesehatan Masyarakat lebih menekankan pada bidang yang dipelajari dan sasaran yang dituju.

Ada beberapa hal yang menarik di sini, tidak hanya terbatas pada ilmu kesehatan itu saja melainkan kita juga akan mendalami ilmu sosial, karena pada pelaksanaannya tenaga Kesmas akan berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan. Oleh karena itu, keterampilan sosial dan kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam profesi ini.

Mau Tau Cerita Dibalik Kampus Ungu?

Nah, sedikit cerita nih tentang dibalik kemegahan Kampus Ungu. Starter pack mahasiswa FKM itu unik banget. Contohnya adalah iklim politik di FKM yang sangat kritis! Tapi sayang sekali, kritis disini adalah kritis sampai hampir mati. Masyarakat FKM masih cenderung sulit untuk berdiskusi terkait politik baik politik kampus maupun politik yang berkaitan dengan kesehatan dan non-kesehatan. Cukup aneh memang, padahal kegiatan berpolitik sendiri sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut berkaitan dengan sulitnya mengajak warga FKM untuk terlibat dalam forum-forum diskusi yang dapat meningkatkan kapasitas mereka, seperti talkshow, webinar, hingga konsolidasi fakultas. Padahal melalui kegiatan tersebut dapat membantu warga FKM untuk memahami isu-isu di sekitarnya yang relevan di masyarakat. Ini menjadi hal yang disayangkan, terutama karena mereka merupakan mahasiswa FKM yang seharusnya lebih peka dan terbuka terhadap informasi-informasi baru.

Selain itu, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu bersiap-siaplah dengan birokrasi di kampus kita kadang kurang efektif pelaksanaannya. Seringkali, terjadi miskomunikasi antara pihak mahasiswa dengan pihak Fakultas, bahkan antar organisasi mahasiswa (ormawa) sendiri. Selain dari itu juga sering terjadi ketidakcocokan antara ide-ide yang diajukan oleh mahasiswa dengan pihak Fakultas maupun Ormawa. Ide-ide yang sebenarnya bagus dan inovatif terkadang tidak mendapatkan dukungan yang memadai atau bahkan diabaikan sama sekali. Akibatnya, proses kerjasama dan komunikasi menjadi kurang efektif, dan yang akhirnya terdampak adalah mahasiswa itu sendiri. Bikin frustasi kadang-kadang, ya!

Hal-hal diatas semoga tidak lantas menurunkan semangat melainkan bisa menjadi pantikan bagi teman-teman mahasiswa baru agar lebih aware dengan lingkungan sekitar dan permasalahan-permasalahan yang terjadi untuk kemudian menemukan solusinya bersama-sama.

Salam sehat!

Hidup mahasiswa!


SUMBER :

Jurusan Kesehatan Masyarakat: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap. (2022). Danacita.co.id. https://danacita.co.id/blog/jurusan-kesehatan-masyarakat-info-mata-kuliah-prospek-kerja-lengkap/


No comments