Masukkan iklan disini!

Tips-tips Mempersiapkan Diri Dalam Memasuki Semester Baru


 Sumber ; Google


Sebelum memasuki semester baru, kita dapat mempersiapkan diri untuk memaksimalkan kinerja sebagai mahasiswa, berikut tips-tips yang dapat dilakukan :


1. Buat Target

Tulis hal apa saja yang akan dicapai dalam jangka panjang atau ajangka pendek. Hal ini dapat membantu dalam proses menjalani hidup sehingga bisa menjadi penilaian kedepannya.


2. Evaluasi Semester Lalu

Evaluasi dari semester sebelumnya apa saja yang perlu diubah dan tinggalkan kebiasaan buruk untuk memulai dengan kebiasaan yang lebih baik.


3. Menyiapkan kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental sangat berpengaruh dalam peningkatan kualitas diri. Hal ini dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan, dan bertindak. Mengenali kesehatan mental menjadi bentuk kontrol diri.


4. Bangun motivasi dan  semangat baru dengan Support System

Motivasi dan semangat diperlukan bagi mahasiswa. Tujuannya agar tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah dan tetap termotivasi untuk terus belajar. Support System bisa berasal dari keluarga, sahabat, maupun teman sejawat.


5. Disiplin pada jadwal dan waktu

Disiplin dan menghargai waktu perlu diterapkan. Pastikan segala kegiatan perkuliahaan dipersiapkan agar terorganisir dan berjalan sesuai rencana.


6. Membuat mind map skala prioritas

Mind map ini dapat membantu kita dalam mengatur jadwal keseharian sehingga mengetahui prioritas dalam mengerjakan tugas. (Tim PSDM)

No comments