Masukkan iklan disini!

Keberjalanan Perkuliahan Tatap Muka di FKM Undip



FKM Undip baru saja melaksanakan perkuliahan secara tatap muka pada semester genap terhitung sejak awal Februari 2022. Setiap kelas berisikan 24 mahasiswa yang sudah terkonfirmasi di sistem SSO Hybrid.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti program PTM adalah menyiapkan berkas untuk daftar di SSO, persetujuan orang tua dan mahasiswa, serta sertifikat vaksin. Selama keberjalanan PTM berlangsung, mahasiswa dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi.

Pengalaman kuliah offline ini tentunya membangun suasana baru karena pada akhirnya mahasiswa dapat merasakan perkuliahan dan berinteraksi dengan dosen secara langsung. “Walau terasa sedikit canggung di awal perkuliahan, namun seiring berjalannya waktu sudah bisa bersosialisasi satu sama lain dan cenderung lebih interaktif dibandingkan kuliah online.” Ujar salah satu mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara tatap muka.

Sejauh ini, perkuliahan secara online dan offline memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berdasarkan beberapa informasi yang didapatkan dari mahasiswa yang mengikuti PTM, kuliah secara offline mendorong mahasiswanya lebih fokus dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Metodenya pun sangat interaktif dan tidak monoton. Sementara apabila perkuliahan secara online cenderung sulit fokus karena waktunya yang sangat fleksibel sehingga mudah untuk mengerjakan kegiatan lain. Namun, perkuliahan online tidak membutuhkan banyak biaya dan kendala transportasi sehingga lebih efisien.

Kendala yang dialami selama perkuliahan offline ialah jeda waktu yang sempit antara jadwal mata kuliah online dan offline. Beberapa mahasiswa terpaksa datang lebih pagi untuk menghindari keterlambatan mengikuti kelas offline maupun online. Hal ini tentunya sangat menguras energi mahasiswa yang memiliki jeda waktu kelas berdekatan dan berdampak pada menurunnya konsentrasi mahasiswa ketika mengikuti kelas selanjutnya.

Namun, beberapa hari setelah berjalannya perkuliahan tatap muka, perkuliahan hybrid diberhentikan sementara disebabkan peningkatan angka kasus Covid-19 yang sangat tinggi. Saat ini, secara keseluruhan perkuliahan kembali dilakukan melalui daring sampai waktu yang tidak dapat ditentukan. (Tim Reportase PH)

No comments