Masukkan iklan disini!

Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Lakukan Di Sela-Sela Kuliah Online!



Sumber: Pinterest


Aktivitas kuliah online yang cukup padat seringkali membuat jenuh dan lelah. Apalagi jika badan sudah mulai pegal-pegal, maka kosentrasi belajar dapat menurun. Terlalu banyak duduk dikursi dan menghadap layar komputer dapat mempengaruhi postur tubuh menjadi kurang bagus lho. Nah, agar postur tubuh tetap bagus dan tidak mudah lelah, maka perlu melakukan peregangan ringan saat break kuliah. Dengan begitu kamu bisa melanjutkan kuliah dengan lebih fresh tentunya.

Selain bermanfaat untuk kondisi fisik, peregangan juga bermanfaat untuk kondisi pikiran. Stretching atau peregangan tidak hanya membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang merupakan faktor penting kebugaran tubuh, tetapi juga memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres dan sakit dibagian tertentu di badan. Apalagi jika kamu melakukannya secara teratur maka akan lebih banyak merasakan manfaat dari gerakan peregangan ini.

Beberapa gerakan berikut ini sangat mudah dilakukan saat break kuliah online. Jangan khawatir, gerakan peregangan ini tidak memerlukan peralatan olahraga dan hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit saja.

1. Chair Stretching






Break sebaiknya dilakukan setiap 20 menit selama 2 jam duduk terus menerus. Chair Stretching (sit-downs) ini sebagai peregangan statis yang dapat meningkatkan kelenturan otot tubuh kita.



2. Gerakan Yoga




Lakukan sembari menghirup nafas (kiri) dan menghembuskan nafas (kanan). Lakukan sebanyak 3 kali.



Lakukan masing-masing selama 20 detik



Lakukan masing-masing selama 20 detik



Lakukan masing-masing selama 20 detik



Ayunkan badan ke kiri dan kanan. Lakukan selama 20 detik.


Lakukan selama 20 detik.



Tips agar peregangan lebih aman:

1. Lakukan secara perlahan tanpa memaksakan suatu gerakan.

2. Menarik nafas secara dalam-dalam. Hal itu bisa membantu kita dalam melakukan berbagai gerakan, serta membantu tetap rileks.

3. Untuk melihat hasil peregangan, harus konsisten dalam melakukannya ya. Jadi, mulai biasakan diri untuk melakukan peregangan setiap harinya.

Mudah bukan? So, selamat mencoba dan lakukan gerakan di atas secara berurutan ya. Stay Healthy! (Yuninda Fairuz Syifa)

Referensi:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/peregangan-ringan-yang-bisa-dilakukan-di-sela-sela-wfh-siapa-mau-coba

https://bkombandung.kemkes.go.id/chair-stretching-rekomendasi-aktivitas-fisik-saat-break-belajar-dan-bekerja-dari-rumah/

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/03/111000520/rekomendasi-7-gerakan-peregangan-bagi-yang-tak-sempat-olahraga?page=all


























No comments