Masukkan iklan disini!

Lawan Covid-19 Dengan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


(Sumber : Google)

Virus corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China kini telah menjadi masalah kesehatan internasional. Penyebaran virus corona ini terbilang sangat cepat hingga dalam waktu yang relatif singkat telah mewabah di banyak negara di dunia salah satunya Indonesia. Namun, masyarakat tak perlu panik dan takut berlebihan hadapi Covid-19 karena pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan untuk menangani dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Indonesia. 

Agar masalah ini tertangani dengan maksimal, tidak cukup jika hanya mengandalkan pemerintah saja, semua komponen masyarakat juga harus aktif berpartisipasi dalam pencegahan penularan virus corona ini. Ikuti setiap instruksi yang telah disampaikan pemerintah dan tetap jaga kebersihan. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat juga merupakan salah satu bentuk antisipasi yang dapat dilakukan setiap orang untuk mengurangi risiko teinfeksi virus corona.

Kekebalan tubuh (sistem imun) adalah kemampuan tubuh untuk melawan segala macam organisme atau toksin yang cenderung merusak jaringan dan organ tubuh. Perlawanan tubuh terhadap penyakit tergantung pada kualitas sistem kekebalan tubuh seseorang, apabila kekebalan tubuh melemah, kemampuan untuk melindungi tubuh juga akan berkurang, maka patogen dalam hal ini virus corona dapat dengan mudah masuk dan berkembang dalam tubuh. Dengan demikian sangat penting menjaga kekebalan tubuh tetap kuat agar terhindar dari infeksi virus corona. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat sehingga terhindar dari infeksi Covid-19 yaitu :
1. Menjaga pola makan dan rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Mineral dan vitamin yang diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, zat besi, dan zinc yang terkandung dalam sayur dan buah berperan sebagai antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga kecukupan zat gizi sangat diperlukan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh yang optimal.

2. Melakukan latihan fisik atau berolahraga. Latihan fisik yang ringan sekalipun mampu mengaktifkan kerja sel darah putih yang merupakan komponen utama kekebalan tubuh dalam sirkulasi darah. Tetapi jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena hal tersebut justru akan mengakibatkan tertekannya kekebalan tubuh. 

3.  Istirahat dan tidur yang cukup. Tidur merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk tubuh karena tubuh dapat beristirahat setelah seharian beraktivitas. Memiliki pola tidur yang kurang baik dapat memengaruhi kesehatan sebab tubuh akan cepat lelah dan menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Apabila daya tahan tubuh menurun maka kemungkinan tubuh terserang penyakit menjadi semakin besar.

Selain cara-cara di atas, sistem kekebalan tubuh dapat tetap terjaga dengan minum air putih yang cukup setiap hari, serta hidup yang sehat dan higienis seperti menghindari rokok dan mengelola stres dengan baik. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat merupakan langkah terbaik untuk mengantisipasi tubuh terserang penyakit. Tetap semangat dan tetap utamakan kesehatan. (Neng Rani)

Referensi :
Siswanto, Budisetyawati, Fitrah Ernawati. 2013. Peran Beberapa Zat Gizi Mikro dalam Sistem Imunitas. Gizi Indon, 36(1):57-64.

Yuliarto, Hari. 2008. Latihan Fisik dan Kekebalan Tubuh. Medikora, 4(1):47-65.

Susanti, Yohana Intan Dili. 2018. Hubungan Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar. School Education Journal, 8(1):107-112.


No comments