Masukkan iklan disini!

Menanamkan Jiwa Wirausaha Anak Panti Asuhan

Sumber: Rif'at dan tim
Bulusan, Semarang (13/6) – Anak-anak merupakan fondasi awal penentu keberlangsungan hidup sebuah negara, karena merekalah calon-calon pemimpin negeri yang akan membawa perubahan yang lebih baik. Inilah modal vital Indonesia yang harus selalu ditingkatkan kualitasnya demi kemajuan bangsa dan negara. Bangsa Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat seharusnya dapat menjadi Negara yang mandiri melihat berlimpahnya sumber daya manusia.

Panti Asuhan atau Panti Sosial Asuhan Anak  juga  Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ialah lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu, dan anak telantar. Panti Asuhan Riyadussalam yang terletak di Jalan Ngumpal Sari Raya RT 2 RW 4, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang merupakan panti asuhan yang dikelola oleh Bapak Sohihun. Panti asuhan yang telah berdiri sejak tahun 2001 ini memiliki fokus untuk membiayai hidup anak-anak yang tidak mampu sekaligus diberikan pendidikan agama layaknya di pesantren.

Melalui program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-M) yang diusung oleh mahasiswa Undip dengan mengusung tema Pembentukan POSDAYA LSU (Lele, Sayur, Unggas) dengan Metode Hidroponik di Panti Asuhan Semarang Guna Mewujudkan Kemandirian Panti Asuhan. Rif’at Ayu Wijdan Irham (Ekonomi Islam 2015), Rahmat Fitriansyah (Ekonomi Islam 2015), Khisnun Baani (Manajemen 2014), dan Annisa Larasati Dewi (Budidaya Perairan 2014) menitik beratkan pada pentingnya peran mahasiswa dalam membantu pemerintah untuk menciptakan semangat dan jiwa wirausaha dalam diri anak-anak pantia suhan Riyadussalam.

Gagasan awal dari pelaksanaan program ini sebagai releksi dari ungkapan terkenal milik presiden pertama Republik Indoneisa, Soekarno yaitu beriaku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya beriaku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Mahasiswa dalam upaya mewujudkan misi itu harus memastikan bahwa anak-anak panti tersebut mempunyai modal hatidan pikiran yang kuat sebagai bekal untuk masa depan negara. Adapun pelatihan kewirausahaan merupakan salah satu cara untuk memberikan modal pikiran dan pengetahuan agar kelak mereka bias mandiri secara finansial. Nasib mereka, yang berarti juga nasibbangsa, ada ditangan kita. Penting sekali untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan sedini mungkin melalui peran keluarga, lembaga, sekolah dan pendidikan.

Program yang kami memiliki tahapan-tahapan, pertama menentukan sasaran program pelatihan Posdaya LSU, kedua mensosialisasikan program wirausaha pelatihan lele, ketiga pelaksanaan program yakni dengan pembuatan dan pengisian kerangka LSU, pelatihan kewirausahaan dan Posdaya LSU, dan pelatihan pengolahan produk dengan bahan dasar ikan lele.Rencana tahapan selanjutnya adalah perealisasian kerjasama bersama IKAFE dan Peduli Dhuafa untuk penambahan kolam dan jenis ikan,  penjualan dari produk olahan ikan lele berupa kerupuk berbagai rasa yang dijual off line maupun on line serta legalisasi produk olahan dengan pengurusan PIRT. (Rif'at dan tim)

No comments