Masukkan iklan disini!

Healthy Games: Permainan Kartu Untuk Kenalkan PHBS Pada Anak

Sumber: Durotun dan Tim
   Sekolah Dasar Negeri  Wonolopo 01 merupakan salah satu sekolah di Semarang yang telah memiliki tempat cuci tangan dilengkapi sabun. Akan tetapi fasilitas tersebut belum dimanfaatkan dengan maksimal. Berbagai aktivitas dilakukan seperti bermain kelereng dan menanam berbagai pohon atau tanaman hias, tapi setelah itu langsung melakukan aktivitas lain yang bersentuhan langsung dengan makanan dan pembelajaran tanpa cuci tangan. Hal tersebut dapat kita lihat bukan hanya di SDN Wonolopo 01, tapi juga di sebagian besar lingkungan sekolah di Indonesia.
    Melihat hal tersebut, “Relawan Sehat” berasal dari mahasiswa aktif Universitas Diponegoro yang diusung oleh Durotun Maqfiraah (FKM 2014), Ahmad Zaenal Arifin (Sejarah, 2014), Nopi Reknasari (FKM, 2015), Ravi Oktafian (Sejarah, 2016), dan A.A. Wahid (Agribisnis, 2016)  membentuk sebuah terobosan metode pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat yang baru yaitu menggunakan permainan yang menarik. Metode ini ditujukan untuk siswa-siswa kelas 4 SDN Wonolopo 01 yang berusia 9-12. Melihat umur anak yang masih dibilang muda atau dapat dikategorikan usia dini, maka akan sulit jika hanya di jelaskan secara verbal.
   Dari sinilah muncul ide yang kami sebut sebagai Healthy Games yaitu sebuah metode pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat menggunakan pranata permainan. Permainan kartu adalah salah satu terobosan yang dilakukan dan dimaksimalkan oleh “Relawan Sehat”. Menurut Mayke S Tedjasaputra, seorang Psikolog, Bermain akan meningkatkan rasa senang dari seorang anak yang akan menjadikan optimalnya pesan yang akan disampaikan dari suatu hal. Simbol-simbol yang juga membantu anak untuk bisa lebih memahami maksud dan tujuan program atau permainan ini. Maka dari itu dalam kartu tersebut “Relawan Sehat” menyelipkan berbagai gambar yang menarik dengan penggambaran ilustrasi perilaku hidup bersih dan sehat.
   Tidak hanya bermain, dalam program dan metode yang ditawarkan ini Relawan Sehat juga mengajarkan bagaimana melestarikan diri dan lingkungan agar terwujudnya kenyamanan yang terbaik. Program terobosan  Healthy Games ini pastinya memiliki tujuan yang mulia dan dapat bermanfaaat bagi sasaran maupun lingkungan sasaran. Pertama, para siswa dapat mengerti pentingnya hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, Setelah mereka tahu pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, maka meraka sebisa mungkin mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Ketiga, dari bisa nantinya diharapkan dapat terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat serta menjadikan budaya yang positif. Keempat, menularkan segala apa yang telah dapat pada lingkungan sekitarnya sebagai wujud dari usaha menjadi Agen of Changes. 
    Program Healthy Games merupakan salah satu bentuk Program Kretivitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat. Bentuk program yang aplikasinya bisa digunakan untuk seluruh Sekolah Dasar di seluruh Indonesia. Kesehatan anak-anak bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah, namun juga tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa. Jadi mari kita gerakan tubuh kita untuk menjadikan bangsa ini lebih baik lagi dengan cara yang mampu kita lakukan. (Durotun dan Tim)

No comments