Masukkan iklan disini!

Yuk Lihat Keseruan Yovita Alviana dan Esther Lubis di Journalist Day Out!

 

Sumber: Dokumentasi Pribadi


Journalist Day Out (JDO) merupakan acara seminar kejurnalistikan yang diadakan oleh UKMF LPM Publica Health. Dengan mengangkat tema “Self Improvement Grow Your Achievement” JDO 2022 bertujuan untuk mengasah softskill peserta yaitu para pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum. Puncak acara seminar telah diadakan pada Sabtu, 8 Oktober 2022, dengan mencapai 398 peserta bersama pembicara-pembicara hebat, yaitu Yovita Alviana dan Esther Lubis. Seminar diadakan bersamaan dengan pengumuman lomba artikel dan poster yang sebelumnya telah dilaksanakan sejak tanggal 31 Juli 2022 hingga 17 September 2022, dengan 74 karya yang terdiri dari 43 karya artikel dan 31 karya poster. Penjurian telah dilaksanakan pada tanggal 25 September 2022 hingga 2 Oktober 2022 dan dilanjutkan dengan voting juara favorit poster pada tanggal 4-6 Oktober 2022.




JDO bukan hanya sekedar program kerja, melainkan harapannya para peserta mengetahui pentingnya self improvement. Ketua pelaksana JDO, Hanisha Winerti, menjelaskan bahwa event ini bukan hanya acara biasa. “Harapannya, JDO ini bisa membuat para peserta bisa paham betul mengenai makna dari self improvement, sehingga mereka bisa meningkatkan potensi yang ada dalam diri mereka,” ungkapnya. Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi mengapa self improvement menjadi tema yang diangkat “Peristiwa yang ada di sekitar kita, seperti bunuh diri, ketidakpercayaan diri, perasaan insecure dan banyak hal negatif lainnya, khususnya yang dialami para pelajar. Bahwasanya, mereka tidak menyadari bahwa mereka mempunyai potensi diri masing-masing. Maka dari itu, tema ini sangat cocok dengan harapan dapat menyadarkan mereka,” lanjut Hanisha. Mengetahui kemampuan dan potensi yang ada dalam diri merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan demikian, berbagai hal negatif yang ada di dalam diri kita bukanlah sebuah penghalang untuk menjadi lebih baik lagi dan mencapai tujuan atau cita-cita yang diinginkan.


Menurut Hanisha Winerti, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan JDO tahun ini dikarenakan kondisi transisi dari online ke offline. “Karena para panitia juga ada yang angkatan 2021-an, jadi masih belum terlalu banyak pengalaman dan skill dalam membuat sebuah acara. Yang biasanya mereka memang bukan dibidangnya, mereka jadi kaget sehingga beberapa ada yang kurang maksimal. Tapi, kendala-kendala tadi nggak menjadi penghalang kegiatan ini,” ungkapnya. Selain itu, miscommunication itu pasti terjadi dan beberapa kali terdapat kesalahpahaman dengan para pimpinan. “Untuk solusinya, aku lebih suka dengan mengambil keputusan bersama, sehingga para anggota yang lain juga paham daripada komunikasi melalui personal chat,” tambah Hanisha. Ia berharap Journalist Day Out tahun depan dapat mengangkat tema yang lebih menarik dan baru. “Semoga JDO tahun depan bener-bener bisa mengangkat tema yang simple tapi maknanya mendalam. Selain itu, para panitia JDO dapat lebih erat, jadi nggak cuma untuk menyukseskan acaranya doang, namun juga lebih erat kekeluargaannya di PH,” jelas Hanisha. (Umi, Faya, Najwa)

No comments