Masukkan iklan disini!

TIPS ATASI NYERI HAID




Sumber : Freepik


Sakit perut saat haid adalah hal yang wajar dialami oleh kaum wanita. Namun, rasa sakit yang terus muncul dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan perlu untuk segera diperiksakan. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri haid yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Yuk, kenali beberapa cara berikut ini:

1. Minum air putih

Minum air putih yang banyak dapat mengurangi rasa sakit saat haid. Minum air putih dapat meningkatkan alirah darah ke seluruh tubuh dan mengendurkan otot-otot yang berkontraksi.


2. Olahraga

Dengan berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang mampu mengelola nyeri haid. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke selurh tubuh dengan lancar. Jenis olahraga dapat dilakukan yang ringan-ringan, sepertu berjalan, jogging, streching dan berlari.


3. Mandi menggunakan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu otot perut rileks sehingga aliran darah meningkat dan mengurangi ketegangan.


4. Kompres hangat pada perut

Selain itu, juga bisa dengan menempelkan botol isi air hangat pada area perut. Kompres dilakukan selama 15-20 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.


5. Hindari makanan dan minuman tertentu

Hindari makanan berlemak, minuman berkafein dan beralkohol, mimuman bersoda, serta makanan asin.


Jika semua cara sudah dilakukan, tetapi rasa sakit nyeri haid tidak kunjung reda segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. (Yuninda Fairuz Syifa)

No comments