Masukkan iklan disini!

8 Tips Atasi Burnout Selama Masa Perkuliahan


Sumber: freepik

Gimana nih kabar perkuliahannya? Tugasnya makin banyak ya pastinya. Nah, tugas kuliah yang menumpuk dan kewajiban organisasi yang tak kalah banyak, mahasiswa seringkali kesulitan membagi waktu mereka. Baik waktu kuliah, waktu kegiatan organisasi, maupun waktu istirahat. Kegiatan yang tiada henti disertai waktu istirahat yang kurang dapat mengakibatkan kelelahan di kalangan mahasiswa.

Kelelahan itu dapat kita kenal dengan istilah burnout. Apa itu burnout? Burnout merupakan kondisi seseorang yang mengalami lelah fisik, emosi, dan psikis secara sekaligus dalam kurun waktu yang bersamaan. Kondisi ketika kamu merasa sangat lelah secara emosional, merasa hampa, dan seolah kamu melakukan hal yang sia-sia.

Adapun tanda dan gejala burnout yaitu
  1. Seseorang kerap kali merasakan lemas dan lelah
  2. Kehabisan energi
  3. Merasa buntu saat mengatasi masalah
  4. Selain itu, gejala fisik yang sering muncul meliputi sakit kepala, nyeri otot, sering sakit, nafsu makan yang menurun, gangguan tidur, dan gangguan pencernaan.
  5. Burnout ini juga mempengaruhi kondisi emosional seseorang, gejala emosional yang sering muncul, seperti merasa gagal dan meragukan diri, merasa tak ada yang membantu, kehilangan motivasi, sinis, mudah marah, serta merasa tidak puas dengan hasil kerjanya.

Tapi, tenang saja teman-teman. Kita bisa atasi burnout dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Ingat tujuan awal kuliah
Ingat kembali apa yang menjadi alasan kamu mau untuk kuliah. Cari motivasi dan skill yang ingin kamu kembangkan ketika belajar di kampus. Cari pengalaman apa yang ingin didapat selama kuliah.

2. Akui situasinya
Langkah pertama untuk mengatasi kelelahan kamu adalah dengan mengakui bahwa kamu sebenarnya sedang kewalahan dan kelelahan. Dengan menghindari kenyataan bahwa kamu merasa kewalahan dan terus memforsir diri untuk bekerja, hanya akan menyebabkan stress di kemudian hari. Berhentilah bersikap keras pada diri sendiri dan akui bahwa tidak apa-apa untuk merasa seperti ini.

3. Cerita dengan keluarga atau teman dekatmu
Walaupun ini berpotensi dapat mengintimidasi kamu, penting untuk melakukannya agar kedepannya kamu lebih baik lagi. Carilah orang yang cocok dengan kamu, yang mau mendengarkan segala ceritamu. Dengan bercerita, dapat membantu kamu terbebas dari beban pikiran selama ini.

4. Batasi diri dari orang yang negatif
Orang yang berpikiran negatif tanpa memberikan solusi hanya dapat menambah kamu terpuruk. Untuk itu, sebisa mungkin hindari kontak dari mereka.

5. Membuat jadwal kegiatan.
Buat jadwal kegiatan secara teratur 24 jam mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari itu. Dengan adanya jawal yang teratur diharapkan bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini mengingat waktur tidur yang berkualitas penting dipenuhi untuk membantu tubuh mengelola stres.

6. Cicil tugas
Burnout ini biasanya dikarenakan banyak tugas perkuliahan yang menumpuk. Nah, maka dari itu jangan mager-mager lagi ya buat menyelesaikan tugas! Cicil sedikit demi sedikit supaya tugas kamu cepat selesai dan satu persatu beban tugas terangkat.

7. Lakukan relaksasi
Beberapa kegiatan relaksasi yang dapat kamu lakukan, seperti yoga, meditasi, atau taichi. Dengan berelaksasi, badan lebih rileks dan membuang aura negatif dalam diri kamu!

8. Liburan
Liburan ini berguna untuk mendamaikan diri kita. Liburan sendiri ataupun dengan teman, tidak usah jauh-jauh cari disekitar tempat tinggal kamu aja. Carilah suatu hal yang benar-benar kamu sukai karena semua hal yang kita lakukan tergantung situasi yang kita rasakan. Jangan panik, mari piknik!


Jaga kesehatan selalu ya. Jangan terlalu memforsir diri. Bagi waktu kegiatanmu dengan baik dan jangan lupa untuk beristirahat. Stay safe and keep healthy guys! (Yuninda Fairuz Syifa)

No comments