Masukkan iklan disini!

Intip Cara Memasak Empal Gentong Khas Cirebon


Sumber : Google 
Penulis : Astriyana
Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon yang cukup terkenal karena keunikannya dalam proses memasak. Seperti namanya, proses pemasakan empal ini dilakukan di dalam gentong yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar. Empal Gentong ini sangat mudah ditemukan di berbagai penjuru di Cirebon, khususnya di daerah Kabupaten Cirebon bagian barat. Yuk, kita intip resep membuat empal gentong ini!
Bahan
Bahan Isian:
-       200 gr daging sapi
-       200 gr jeroan sapi, dan
-       2 liter santan kelapa.
Bumbu halus:
-       6 siung bawang merah
-       3 siung bawang putih
-       2 cm kunyit
-       2 butir kemiri dan
-       garam secukupnya
Bumbu yang dimemarkan:
-       2 cm lengkuas
-       2 cm jahe
-       2 cm kayu manis
-       3 lembar daun salam dan
-       1 batang serai.
Bahan dan bumbu pelengkap:
-       garam,
-       gula merah,
-       air untuk merebus,
-       minyak untuk menumis,
-       daun kucai,
-       daun bawang,
-       bawang goreng,
-       sambal bubuk dan
-       kecap manis.
Rebus daging
Potong daging sapi dengan ukuran sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan. Rebus daging sapi dan jeroan secara terpisah hingga matang dan empuk.
Tumis bumbu
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga tercium aroma harum. Masukkan lengkuas, jahe, kayu manis, batang serai dan daun salam. Setelah itu, masukkan daging sapi dan jeroan yang sudah direbus ke dalam bumbu.
Tambahkan bumbu pelengkap
Tuangi santan, tambahkan gula merah dan garam. Masak dengan api kecil hingga empuk dan matang sempurna, kurang lebih satu jam.
Sajikan
Jika empal gentong sudah matang, sajikan dengan taburan daun kucai, irisan daun bawang dan bawang goreng. Bagi penyuka makanan pedas bisa menambahkan sambal bubuk sesuai selera. Empal gentong ini bisa disajikan dengan nasi atau lontong dan sebagai pelengkap dapat menambahkan kerupuk. Selamat menikmati!


No comments