Header Ads

ad

Ciptakan “Wafer Megy” , Mahasiswa Undip Hasilkan Air Sungai Olahan Siap Konsumsi

Sumber : Tim PKM-KC Wafer Megy

Data diri :
Adry Sefar Belanov – S1 Teknik Mesin – 21050115120005
Nabila Agita Putri – S1 Kimia – 24030115140072
Makhfudz Ali – S1 Teknik Mesin – 21050117130065

Sekelompok  mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa-Karsacipta (PKM-KC) menciptakan sebuah alat penyaring air sungai agar layak konsumsi yang modular “Wafer Megy”. Mereka adalah Adry Sefar Belanov (S-1 Teknik Mesin), Makhfudz Ali (S-1 Teknik Mesin), dan Nabila Agita Putri (S-1 Kimia).
Adry selaku ketua tim mengatakan, latar belakang dibuatnya alat ini untuk meningkatkan ketersediaan air bersih seiring meningkatnya popoulasi penduduk dan untuk menanggulangi bencana kekeringan yang kerap terjadi di beberapa daerah di Indonesia.
Sementara anggota tim Nabila Agita Putri menyampaikan mekanisme penyaringan yang dilakukan oleh alat kami.
          “ Kami membuat mekanisme penyaringan yang terdiri dari zeolit, karbon aktif dan membran. Zeolit dan karbon aktif dibuat kompaksi agar mudah perawatannya dan juga memiliki ketahanan yang lebih lama. Zeolit dan dan karbon aktif digunakan untuk menyaring kandungan logam berat pada air dan juga membersihkan secara fisik. Kemudian air melewati membran untuk penyaringan zat-zat yang belum tersaring di zeolit dan karbon aktif. Pada membran juga terjadi penyaringan bakteri maupun virus.” Ujar Nabila.
          Wafer Megy diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat terutama yang tinggal di daerah yang belum terjangkau suplai air bersih, supaya meningkatkan taraf kesehatan dengan mengkonsumsi air yang sudah bersih dan tidak menimbulkan penyakit jika dikonsumsi.

No comments