Header Ads

ad

Yuk Perhatikan Obat!

Sumber : http://majalah.stfi.ac.id
Ketika seseorang sakit, obat merupakan komponen penting. Namun, saat ini masih beredar obat-obatan yang tidak memenuhi persyaratan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Oleh karena itu, masyarakat perlu cerdas dan bijak dalam memilih obat yang aman, bermanfaat, dan bermutu.

Saat membeli obat, kondisi kemasan obat perlu diperhatikan seperti segel tidak rusak, atau warna dan tulisan tidak luntur. Informasi pada kemasan obat dan brosur atau leaflet juga tak kalah pentingnya seperti nama obat dan zat aktif, logo obat, Nomor Izin Edar (NIE) atau Nomor Register, batas kadaluarsa (Expiry Date/ED), nama dan alamat industrI farmasi, indikasi, dan efek samping. Konsumsi obat sesuai dengan anjuran. Ketika obat yang dikonsumsi menimbulkan hal yang tidak diinginkan, hentikan penggunaan dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Karena setiap obat memiliki sifat, cara kerja, efek samping, dan dampak yang berbeda-beda bagi tubuh setiap orang, meskipun mengidap penyakit yang sama.

Biasanya saat seseorang hanya menderita penyakit ringan dan sedikit keluhan, banyak kalangan yang lebih memilih untuk membeli dan meminum obat yang dijual secara bebas, tanpa berkonsultasi langsung dengan pihak dokter untuk mencari tahu penyakit apa yang dialaminya. Bahaya yang mengancamnya adalah kerusakan ginjal, kerusakan hati, dan alergi. Hasil penelitian mengatakan bahwa tidak semua orang khususnya pada tubuhnya bisa menerima obat-obatan tertentu.

Para pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi obat yang aman yang berarti tidak berbahaya dan juga tidak sembarangan. Karena mengkonsumsi obat yang berbahaya dan sembarangan akan menimbulkan dampak berbahaya bagi tubuh. Bahkan selain itu, juga bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya.

No comments